informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

5 Jenis Buah Terbaik untuk MPASI Pertama Bayi

Buah merupakan sumber vitamin yang sangat baik untuk bayi. Setiap buah memiliki kandungan vitamin yang berbeda. Setiap vitamin yang terdapat dalam buah juga memiliki manfaat yang berbeda bagi tumbuh kembang bayi. Meski semua buah memiliki manfaat untuk bayi, namun seringkali ibu kebingungan harus memberikan buah apa dalam tahap mengenalkan MPASI pertama bayi. Anda harus pintar-pintar memilih buah terbaik untuk MPASI bayi. Pasalnya, kandungan vitamin dalam buah dapat berpengaruh pada perkembangan bayi.

Menurut ahli gizi, semua buah memiliki manfaat yang baik untuk bayi. Hanya saja, ibu harus tahu bahwa pemberian buah harus disesuaikan dengan usia bayi. Buah dapat diberikan pada bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan. Pada usia ini, kematangan pencernaanya siap untuk mendapatkan makanan padat berupa buah.

Nah, kali ini kami akan mengulas buah terbaik untuk MPASI pertama bayi. Meski semua buah dapat diberikan pada bayi, namun anda harus mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya tekstur. Pertama kali mengenalkan buah, berikan buah yang bertekstur lembut. Anda bisa menghaluskan buah terlebih dahulu sebelum diberikan pada bayi.

Pencernaan bayi masih dalam tahap penyempurnaan, sehingga jika anda ingin memberikan buah sebagai MPASI, berikan buah yang manis terlebih dahulu. Kenali dalam waktu satu minggu, jika bayi tidak mengalami gangguan pencernaan seperti BAB tidak normal, maka dapat diberikan kembali.

Berikut adalah 5 jenis buah terbaik untuk MPASI pertama bayi.

  1. Pisang

Kandungan yang terdapat pada buah pisang yaitu fosfor, kalium, asam folat dan juga vitamin A yang baik untuk kesehatan bayi anda. Untuk penyajian pisang pada tahap pengenalan MPASI adalah dengan mengeruk daging buah pisang hingga lembut kemudian sajikan pada bayi. Ada pula yang dibuat campuran bubur atau pure sehingga menambah rasa dan tidak membuat bayi anda bosan.

  1. Jeruk

Pemberian buah jeruk memang ada yang mencemasakan ketika dikenalkan pada usia pemberian MPASI. Perlu anda ketahui bahwa jeruk yang baik adalah yang memiliki rasa manis sehingga anda tidak perlu khawatir dengan masalah kesehatannya. Kandungan gizi jeruk sangat bagus yaitu untuk kalsium, kalium, vitamin C, vitamin A, serat dan asam folat yang baik untuk kesehatan bayi. Dalam penyajiannya anda dapat mengupasnya kemudian peras hingga air nya yang diberikan pada bayi. Pemberian secara langsung belum disarankan karena teksturnya masih sulit dicerna oleh bayi.

  1. Tomat

Kandungan yang dimiliki tomat seperti kalsium, natrium, serat, protein, magnesium, asam folat dan juga vitamin A. Anda dapat memperkenalkan buah tomat dengan campuran bubur sehingga memiliki rasa yang berbeda. Jadikan tomat sebagai pelengkap atau saus yang disajikan bersama bubur atau pure.

  1. Pir

Kandungan gizi di dalam buah pir yaitu fosfor, kalium, kalsium dan juga vitamin C. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan bayi.saran penyajian dengan cara potong kecil-kecil buah pir kemudian kukus sampe lunak.

  1. Apel

Kandungan gizi di dalam buah apel yaitu kalium,fostor, kalsium, megnesium, vitamin A, vitamin C.saran penyajian kupas kulit apel lalu potong kecil-kecil sesudah itu masukan ke dalam panci, tambahkan air secukupnya atau bisa juga sampe potongan ampel terendam oleh air.sesudah apel lunak kita bisa langsung masukan ke dalam blender.

 

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*