informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

7 Jenis MPASI Buah yang Baik untuk Bayi

Buah merupakan sumber vitamin yang sangat penting untuk bayi. Vitamin yang terkandung dalam buah berneda-beda. Setiap vitamin mengandung manfaat yang berbeda untuk kesehatan bayi. Meski buah memberibanyak manfaat untuk bayi, namun seringkali mama binging MPASI buah apa yang tepat untuk bayi.

Menurut para ahli gizi, semua buah sangat kaya akan manfaat untuk bayi. Hanya saja, pemberian buah harus disesuaikan dengan usia bayi. Buah boleh diberikan pada bayi yang telah berusia 6 bulan.

Bayi Mulai Mengenal MPASI/CC0/BenKerckx
Bayi Mulai Mengenal MPASI/CC0/BenKerckx

Kenapa buah hanya boleh diberikan pada usia 6 bulan lebih?

Bayi dibawah 6 bulan memiliki pencernaan yang sempurna, maka mereka hanya boleh mendapat asupan makanan berupa ASI/susu formula. Bayi 6 bulan lebih memiliki pencernaan yang sudah matang sehingga mendukung pemberian buah.

Nah, kali ini kami akan bahas jenis buah yang boleh dikenalkan pada awal MPASI (6 bulan).

Jika anda akan memberikan MPASI buah, ada hal – hal yang harus anda perhatikan. Berikut diantaranya:

  • Tekstur

Pertama kali mengenalkan buah pada bayi, sebaiknya anda menghaluskan buah tersebut lebih dahulu. Tekstur harus lembut namun kental. Tingkat kekentalan dapat ditandai jika diletakkan pada sendok yang dimiringkan, buah tidak akan tumpah.

  • Rasa

Pencernaan bayi belumlah sempurna. Berikan buah dengan rasa yang manis erlebih dahulu.

  • Reaksi

Selalu amati reaksi bayi setelah mendapat MPASI buah. Anda bisa mengamati mlalui BAB bayi. Jika BAB normal dan tidak mulas, anda bisa memberikan kembali.

Berikut ini buah – buahan yang baik jika diberikan pada tahap awal MPASI;

  1. Pisang

Buah Pisang/CC0/Couleur
Buah Pisang/CC0/Couleur

Pisang sering menjadi andalan untuk MPASI. Pasalnya, kandungan fosfor, kalium, asam folat dan Vitamin A dalam buah pisang sangat baik untuk kesehatan bayi.

Jenis Pisang yang Terbaik untuk MPASI

Pisang merupakan buah yang tidak mengenal musim, maka mama bisa mencarinya dengan mudah. Saat membeli, beli pisang yang belum terlalu matang. Sehingga anda bisa menyimpannya untuk beberapa hari. Jika sudah matang, simpan dalam kulkas. Kulitnya memang akan sedikit menghitam tapi buahnya tetap baik dikonsumsi.

Pilih pisang yang sudah matang jika akan diberikan pada bayi. Anda bisa memilih jenis pisang ambon atau pisang raja.

Untuk menyajikan pisah pada tahap pengenalan MPASI, anda bisa mengeruk buah pisang dengan sendok. Langsung berikan pada bayi. Bisa juga sebagai campuran bubur atau pure agar bayi tidak bosan.

  1. Alpukat

Alpukat untuk MPASI/CC0/silverstylus
Alpukat untuk MPASI/CC0/silverstylus

Alpukat mengandung protein, kalori, kalsium, lemak, karbohidrat, zat besi, vitamin A, vitamin B1, Vitamin C dan serat.

Lemak yang terdapat pada alpukat merupakan lemak tak jenuh dan lemak sehat oleat (omega-9). Konsumsi alpukat dapat menurunkan kadar kolestrol darah dan menaikkan kadar kolestro baik. Hal ini tentu sangat baik untuk kesehatan jantung.

Alpukat dapat anda berikan langsung pada bayi dengan cara di keruk dengan sendok. Tekstur daging alpukat yang lembut dan lunak bisa dicerna bayi dengan mudah.

  1. Jeruk

Jeruk untuk MPASI Buah
Jeruk untuk MPASI Buah/CC0/pixabay.com

Jangan khawatir memberikan jeruk sebagai MPASI buah pada masa pengenalan. Pilih jeruk yang manis agar tidak bermasalah dengan pencernaan bayi, misalnya jenis jeruk baby.

Kandungan gizi pda jeruk sangat bagus karena mengandung kalsium, kalium, Vitamin C, vitamin A, serat dan asam folat.

Untuk menyajikannya, peras air jeruk dan sajikan bersama bubur/pure bayi. Perasan jeruk baby ini juga berfungsi memberikan rasa manis sehingga bayi menyukai buburnya. Jadi anda tidak perlu menambahkan gula pada bubur bayi.

Penyajian air jeruk secara langsung belum disarankan pada awal pengenalan karena masih sulit dicerna.

  1. Tomat

Tomat untuk MPASI buah/CC0/nile
Tomat untuk MPASI buah/CC0/nile

Tomat mengandung kalsium, natrium, serat, protein, magnesium, asam folat dan Vitamin A yang sangat baik untuk bayi. Campurkan tomat pada bubur bayi anda agar bubur memiliki variasi rasa. Anda juga bisa mengkreasikan tomat sebagai pelengkap atau saus untuk disajikan bersama bubur atau pure.

  1. Pir

Pir untuk MPASI Buah/CC0/domeckopol
Pir untuk MPASI Buah/CC0/domeckopol

Pir mengandung fosfor, kalium, kalsium dan vitamin C yang sangat baik untuk bayi. Jika ingin menyajikan buah pir, potong pir terlebih dahulu, kemudian kukus. Jika sudah matang, haluskan dengan saringan kawat.

  1. Apel

Apel untuk MPASI/CC0/condesign
Apel untuk MPASI/CC0/condesign

Apel memiliki banyak kandungan gizi seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A dan vitamin C.

Saran penyajian, kuas apel lalu potong dadu. Kukus apel sampai lunak. Haluskan dengan saringan kawat.

  1. Pepaya

Pepaya untuk MPASI/CC0/nihtowl
Pepaya untuk MPASI/CC0/nihtowl

Bayi yang baru memulai MPASI biasanya sering mengalami sembelit. Untuk melancarkan BAB, berikan pepaya. Tapi, beberapa bayi justru mengalami sembelit ketika mengkonsumsi pepaya. Maka, tetap amati reaksi bayi terhadap makanan tertentu.

Pepaya mengandung vitamin A, B1, B2, Vitamin C, Vitamin E dan kaya akan serat dan enzim papin yang berguna untuk pencernaan bayi.

Cara penyajiannya bisa dihaluskan dengan saringan kawat. Bisa juga berikan potongan pepaya pada bayi dan membiarkannya makan sendiri. Jangan takut tersedak. Bayi sangat pintar lho, ma.

Nah, demikian tadi buah – buahn yang bisa dikenalkan di awal MPASI. Semoga sikecil selalu lahap ya, ma.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*