informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

6 Tanda Awal Kehamilan

Setiap kehamilan membawa cerita dan keajaiban tersendiri. Menjadi perempuan tentunya sangat bahagia bisa merasakan masa-masa indah mengandung si buah hati. Nah, tentu mama tak ingin melewatkan momen spesial ini, jadi mama harus tahu tanda awal kehamilan. Melissa Goist, M.D, clinical assistant professor kebidanan dan kandungan di Ohio State University Medical Center, mengatakan, setelah terjadi pembuahan, tubuh Anda akan memproduksi sejumlah hormon kehamilan. Hormon-hormon inilah yang bertanggung jawab pada beberapa perubahan kondisi fisik Anda, bahkan sebelum kehamilan Anda terdeteksi oleh test pack. Perubahan ini yang memberi tanda awal kehamilan pada mama.Banyak hal yang berubah. Mari kita simak 6 tanda awal kehamilan.

  1. Payudara yang membengkak. Kadang payudara menimbulkan rasa nyeri, sama seperti ketika anda mengalami menstruasi. kadang, bila anda kurang peka anda akan mengira akan mendapat mentruasi. Hal ini karena perubahan hormon pada mama, tapi tak perlu khawatir proses ini akan berkurang semakin bertambahnya usia kehamilan.
  2. Tiba-tiba menjadi mudah lelah. Tak seperti biasanya, anda merasa lelah hanya dengan melakukan kegiatan sehari-hari. Anda tiba-tiba jadi malas melakukan kegiatan biasanya, ingin tidur seharian, seperti kehabisan tenaga. Hal ini biasa terjadi pada ibu hamil, tak perlu memaksakan diri untuk tatap hardwork. Santai dan nikmati segala perubahan yang terjadi.
  3. Mual dan Muntah. Gejala ini seringkali di sebut morning sickness, dimana keluhan mual dan muntah sringkali terjadi pada pagi hari. Gejala ini identik dengan kehamilan yang berlangsung sampai sekitar minggu ke 20.
  4. Penciuman lebih peka. Semasa hamil, anda jadi sensitif terhadap bau. Selera anda terhadap bau juga bisa saja berubah. Hal ini karena terjadi perubahan hormon pada tubuh anda. Sayangnya, terlalu sering muntah bisa mengakibatkan mama kurang nutrisi sehingga harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang seimbang.
  5. Tidak haid. Tanda yang seringkali menjadi rujukan adalah siklus haid. Siklus haid juga digunakan untuk menghitung perkiraan hari lahir.
  6. Kenaikan suhu tubuh. Kehamilan merubah banyak hal, termasuk hormon dan suhu tubuh.

6 tanda awal kehamilan ini bukan tanda pasti kehamilan. Anda perlu memeriksakannya secara pasti.  Jadi, tidak menjamin jika Anda mengalami satu atau bahkan beberapa gejala seperti yang tertera di atas, lalu Anda boleh mengambil kesimpulan bahwa telah terjadi kehamilan. Diagnosa pasti kehamilan hanya dapat ditegakkan ketika ditemukan adanya tanda kehidupan dalam rahim si ibu.

Selamat ya mam, bila anda benar-benar hamil. Nantikan banyak keajaiban lahir ketika melalui prosesnya.

Jabat erat, semoga manfaat 🙂

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


2 Comments on 6 Tanda Awal Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*