informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Alat Makan dan Alat Tempur MPASI yang Perlu Anda Siapkan

Mendekati usia bayi 180 hari, mama pastinya sibuk menyiapkan berbagai hal terkait perlengkapan MPASI. Menyiapkan alat tempur MPASI gampang – gampang susah. Belilah yang perlu anda beli. Jika peralatan MPASI sebagian sudah anda miliki, tidak perlu beli lagi.

Kunci utama dalam pemberian MPASI adalah tekstur makanan sesuai dengan usianya. Sedangkan menu makanan untuk sikecil harus bervariasi sesuai dengan panduan gizi seimbang.

Tekstur MPASI

  1. Usia 6 Bulan

tekstur mpasi 6 bulan
Tekstur Mpasi 6 Bulan

Tekstur MPASI usia 6 bulan merupakan makanan lumat yang lembut namun tidak encer. Gunakan sedikit air ketika akan menyajikan MPASI 6 bulan. Cara memasaknya dapat di saring atau dilumatkan. Tanda bahwa tingkat kekentalan bubur saring cukup adalag bubur tidak akan tumpah jika sendok dimiringkan.

  1. Usia 8 Bulan

Tekstur MPASI 6-9 Bulan
Tekstur MPASI 6-9 Bulan

Tekstur MPASI 8 bulan lebih kental dari usia 6 bulan. Pada usia ini, anda sudah boleng mengenalkan finger food pada bayi. Pengenalan finger food tidak harus menunggu sikecil tumbuh gigi.

Baca juga:

Panduan Memberikan Cemilan atau Finger Food

Kumpulan Resep Finger Food Mudah dan Sehat

  1. Usia 9 Bulan

tekstur MPASI 9-12 bulan
Tekstur MPASI 9-12 Bulan

Bahan makanan untuk bayi 9 bulan sama dengan orang dewasa. Hanya saja, penyajiannya berbeda. Tekstur MPASI 9 bulan dapat disajikan dengan cara dicincang. Pastikan bahawa rasa disesuaikan dengan usia mereka ya mam. Bayi dibawah 1 tahun sebaiknya belum mengkonsumsi gula dan garam. Gula dan garam untuk usia dibawah 1 tahun akan memperberat kerja ginjal.

  1. Usia 12 Bulan

Boleh dibilang, usia 12 bulan bayi sudah melewati masa pengenalan tekstur MPASI. Pada usia ini, sikecil sudah boleh makan layaknya orang dewasa. Bahan dan cara memasak juga sama dengan orang dewasa.

Cara Memasak MPASI berdasarkan usia:

cara mengolah mpasi
Cara Mengolah MPASI

Alat Tempur MPASI

Nah, jika mama sudah paham tekstur MPASI berdasarkan panduan WHO (Selengkapnya, mengenai Panduan MPASI WHO bisa dibaca disini), mari kita kenali alat tempur MPASI apa saja yang diperlukan.

  1. Blender

Blender untuk MPASI CC0 opaye
Blender untuk MPASI/CC0/opaye

Blender dibutuhkan untuk mengahaluskan makanan bayi usia 6 bulan. Anda bisa menggunakan merk blender apapun. Biasanya setiap rumah tangga sudah memiliki blender, sehingga anda tidak perlu anggaran sendiri untuk membeli blender MPASI.

Blender juga sangat berguna untuk membuatkan jus sehat buat sikecil. Bahkan, anda juga dapat menghaluskan daging dengan blender agar sikecil tetap mendapat asupan protein hewani tanpa kesulitan menelan. Jika anda ingin menyajikan daging – dangingan untuk sikecil, masak dahulu semua bahan sampai matang baru haluskan dengan blender.

  1. Panci Kecil, Kukusan

Didapur mama pasti sudah memiliki berbagai perlengkapan dapur seperti panci dan kukusan. Jadi anda tidak perlu membeli lagi.

  1. Pisau, talenan, spatula

Barang – barang seperti pisau dan talenan mungkin sudah anda miliki sebelumnya. Tapi tidak ada salahnya jika menggunakan pisau dan talenan baru agar makanan byi bisa lebih steril.

  1. Pelembut Makanan

Puku Baby Food Maker Perlengkapan MPASI Bayi
Puku Baby Food Maker Perlengkapan MPASI Bayi

Melembutkan makanan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selain blender, alat pelembut makanan yang bisa digunakan adalah parut, saringan kawat, grinder atau food making set khusus MPASI.

Saringan Kawat untuk Melembutkan MPASI/emakmella.wordpress.com
Saringan Kawat untuk Melembutkan MPASI/emakmella.wordpress.com

Cara menghaluskan makanan dengan diblender hanya dapat digunakan saat bayi berusia 6 bulan – 6 bulan 2 minggu. Setelahnya anda harus menggunakan alat lain agar teksturnya lebih kental.

Anda bisa menggunakan parut atau grinder untuk melembutkan bahan makanan saat hendak mau di olah. Saringan kawat dapat digunakan untuk menghaluskan makanan. Caranya, letakkan makanan yang sudah matang di atas saringan kawat. Penyet-penyet dengan sendok. Ambil makanan dibawah saringan kawat yang sudah lembut.

  1. Pemeras Jeruk

Biasanya, jeruk baby menjadi menu yang disukai bayi. Maka, tidak ada salahnya menambahkan jeruk baby pada menu bayi agar rasanya lebih manis. Mama jadi tidak perlu menambahkan gula. Gunakan pemeras jeruk untuk mengambil air jeruk.

  1. Baby Cubes

Biasanya, ketika memasak MPASI rumahan anda tidak akan memasak hanya untuk dua kali makan. Makan sikecil masih sangat sedikit sehingga pastinya banyak makanan yang tersisa. Daripada terbuang percuma, simpan makanan sikecil untuk beberapa hari kedepan. Gunakan baby cubes agar makanan bisa lebih awet, mudah diambil dan lebih steril.

Baca juga : Panduan Menyimpan MPASI Rumahan

  1. Slow Cooker

Slow cooker sangat membantu meski perlu tidak perlu. Jika memang ada dana, tidak masalah jika membeli slow cooker. Sistem memasak dengan alat ini sangat lama sehingga memberikan beberapa keuntungan.

Keuntungan Slow Cooker

  • Slow cooker bisa menghemat waktu anda. Anda bisa memasak dengan slow cooker di malam hari. Pagi harinya tinggal disajikan untuk sikecil.
  • Bahan makanan yang dimasak di Slow Cooker bisa untuk beberapa porsi.
  • Makanan yang disimpan di slow cooker bisa tetap hangat dan tahan lama (tidak basi)
  • Tetap higienis dan bergizi
  1. Sendok Botol

Botol Sendok

Sendok botol sebenarnya perlu tidak perlu. Kegunaanya memang memudahkan minum jus atau pure bayi. Sangat praktis memang. Tapi ada baiknya tetap menggunakan sendok agar sikecil terbiasa dan bersahabat baik dengan sendok. Selain itu, botol sendok juga sangat sulit untuk dibersihkan sehingga kehieginisannya tidak terjamin.

  1. Feeding Set / Perlengkapan atau Alat Makan

Feeding set atau perlengkapan makan bayi seperti sendok, mangkuk dan botol minum wajib anda miliki. Gunakan wadah makan khusus bayi agar mama bisa mengukur porsi makan bayi. Pilih alat makan yang BPA Free. Jangan sampai alat makan bayi anda mengandung bahan yang berbahaya.

Baca juga :

Perlengkapan Bayi yang Mengandung Bahan Berbahaya

Ajarkan bayi menggunakan gelas agar ia terbiasa dan bisa belajar mandiri. Jika bayi masih berusia 6 bulan dan belum mampu menggunakan gelas, gunakan cup feeder agar lebih mudah. Jangan gunakan dot karena dapat mengakibatkan bingung puting.

  1. High Cair

Ini juga perlu tidak perlu. Jika anda memiliki dana untuk membeli, tidak ada salahnya menggunakan high cair. High cair dapat berguna untuk melatih sikecil makan ddengan disiplin. High cair akan mencegah sikecil kemana-mana sehingga ia dapat makan dengan tenang.

Penting kiranya melatih makan anak dengan disiplin karena berkaitan dengan kebiasaan makannya kelak dewasa. Jika menggunakan high cair, anda akan menanamkan pemahaman bahwa makan harus ditempat yang seharusnya. Sehingga, saat anak sudah suka main lari-larian, anda tidak akan mengalami drama mengejar anak – anak untuk makan.

  1. Slaber

Bayi belajar makan MPASI
Bayi belajar makan MPASI

Bayi belum seperti orang dewasa yang bisa makan dengan rapi. Mereka masih dalam tahap belajar, jadi wajar jika mereka blepotan saat makan. Slaber akan membantu menjaga pakaian anak tetap bersih saat makan sehingga anda tidak kerepotan mengganti baju anak sehabis makan.

Nah, demikian alat makan atau alat tempur MPASI ala zonamama.com. Silahkan dipilah mana yang perlu da mana yang tidak ya mam. Jangan memilih karena sekedar lucu-lucuan. Selamat bersenang-senang.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*