informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Bayi 3 – 6 Bulan Jadi Cerdas dengan Mainan Bayi Ini

Mainan bayi sangat membatu dalam memberikan stimulasi pada bayi. Namun, dalam memilih mainan bayi tidak boleh sembarangan. Mama harus jeli memilih mainan yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan bayi. Stimulasi yang tepat dapat berdampak pada kecerrdasan bayi. Berikut 5 mainan bayi yang tepat untuk usianya.

1. Mainan Gantung

Banyak mainan gantung yang dijual dipasaran.Model dan bentuknya sangat bervariasi, dari bentk boneka, kepingan mainan sampai mani-manik. Beberapa mainan gantung juga mengeluarkan bunyi. Pilihlah yang aman dan menarik untuk bayi. Umumnya bayi senang memandang mainan bayi yang penuh warna seperi kuning dan merah. Gerakkan atau putar mainan tersebut untuk menarik perhatian bayi. Mainan gantung sangat bermanffat untuk menstimulasi kemampuan visual/mata bayi. Melatih ketrampilan ini sangat penting di usia enam bulan pertama si kecil. Mainan gantung yang berbunyi juga bermanfaat untuk melatih indra pendengarannya.

2. Cermin Kecil

Pilihlah mainan bayi berupa cermin kecil dari plastik yang aman. Si kecil umumnya senang melihat ajahnya sendiri dicermin. Perkenalkan satu persatu anggota tubuhnya yang tampak dalam cermin. Misalnya, katakan “ini hidung adik” keika anda menyentuh hidungnya. Gerakkan cermin kebeberapa anggota tubuhnya, misalnya tangan dan kaki, ajak ia mengamati tubuhnya sendiri.

3. Gelag Rattle

Anda bisa mengenakan gelang rattle untuk tangan bayi anda. Rattle didesign aman untuk bayi, erea akan senang mengenakan gelang yang mampu berbunyi atau malah menggigitnya.

4. Mainan Transportasi

 Anda bisa menggunakan mainan kereta, mobil-mobilan, bus atau pesawat. Ajak anak anda bermain sambil menyanyikan lagu yang sesuai dengan mainan yang sedang dimainkan.

5. Mainan Merangkak

Ada beberpa mainan yang dirancang untuk stimulasi bayi belajar merangkak seperti mainan binatang yang terdapat tali. etika bayi hendak mnggapainya, tarik perlahan mainan tersebut. Bila mainan ini tidak tersedia, anda bisa mengakalinya dengan menggunakan mainan lain yang diberi tali. Permainan ini bbisa merangsang ketrampilan fisik dan motorik bayi.

Sebagai catatan, ketika memilih mainan bayi anda harus teliti dengan bahan yang digunakan. Jangan sampai salah pilih, baca juga bahan-bahan kimia yang berbahaya dalam peralatan bayi disini.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*