informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Bayi Menggigit Puting? Ini Cara Mengatasinya

Bayi menggigit puting biasa terjadi dalam proses menyusui. Menyusui memang proses yang penuh dengan peristiwa emosional. Pada tahap awal menyusui, puting ibu seringkali lecet karena dalam masa penyesuaian. Saat penyapihan juga penuh dengan emosi. Bahkan, saat-saat bayi sudah terbiasa menyusu juga banyak peristiwa mengejutkan seperti bayi menggigit puting. bayi menggigit puting bisa terjadi karena beberapa alasan, berikut diantaranya;

  • Bayi sedang tumbuh gigi, sehingga gusinya terasa gatal dan selalu ingin menggigit.
  • Bayi sedang ingin mengajak ibu bermain atau bercanda. Reaksi ibu ketika bayi menggigit puting mungkin lucu bagi bayi. Sehingga ia suka memainkan puting ibu.
  • Bayi merasa gemas sehingga ia suka menggigit-gigit.
  • Pelekatan dalam menyusui tidak tepat sehingga bayi merasa kesal.

Jika dalam menyusui pelekatan sudah tepat, maka bayi tidak akan bisa menggigit puting ibu. Mulut bayi yang terbuka lebar dan masuknnya puting kedalam mulut bayi yang memuat bayi tidak bisa menggigit puting. Jadi, jika hendak menggigit puting ibu, bayi harus melepaskan pelekatannya lalu memundurkan kepalanya sedikit kemudian menggigit. Jika bayi sedang menyusu, perhatikan gerakan bayi. Bila bayi melepaskan pelekatan dan memundurkan kepala maka waspadalah. Segera lepaskan payudara dan selipkan ujung jari anda ke mulut bayi.

Lantas, bagaimana jika sikecil lebih cepat dari ibu? Anda bisa menyelipkan jari kedalam mulutnya. Setelah ia membuka mulutnya, tarik payudara anda keluar. Jangan menariknya dengan memaksa ya. Menarik payudara dengan paksaan akan membuat payudara terluka. Hentikan proses menyusui untuk sementara. Tutup pakaian anda.

Jika bayi masih ingin menyusu, berikan payudara anda yang satunya. Jika dia mengigit puting lagi, ulangi lagi cara diatas. Jika dia masih meminta, komunikasikan dengan bayi bahwa payudara ibu sakit bila bayi menggigit puting. Bayi punya tahapan dimana ia bisa belajar dengan sangat cepat, mereka bisa cepat menyerap hubungan sebab akibat dari apa yang dialami. Maksimalkan fase ini untuk mengajarkan anak tentang empati.

Andai ketika bayi menggigit puting ada orang terdekat lain, misalnya ayah atau nenek/kakek, minta mereka untuk mengajak bayi minta maaf pada ibu. Bayi memang belum bisa bicara, tapi mereka bisa mengerti apa yang kita sampaikan. Manfaatkan setiap fase menyusui untuk mengajari anak kesopanan dan patuh pada aturan dalam konteks yang sangat sederhana. Bayi akan belajar memahami bahwa menggigit puting itu tidak menyenangkan.

Usahakan menyusui bayi dalam keadaan tenang. Suasana yang tenang dapat membantu konsentrasi bayi tidak terganggu saat menyusu. Menggigit puting juga bisa erjadi karena bayi mendengar suara lain dan menoleh ke sumber suara tanpa melepas mulutnya. Kadang bayi juga suka menggigit puting ibu krena kurang perhatian, misal ibu menyusui sambil bermain HP atau menonton TV. Sebaiknya manfaatkan momen menyusui untuk menunjukkan kasih sayang pada bayi, misalnya menyanyi dan mengusap kelapa bayi. Pasalnya, perhatian ini sangat penting untuk menguatkan bonding ibu dan anak.

Tips penting saat bayi menggigit puting

Saat bayi menggigit puting anda, jangan berteriak, tertawa, menjerit atau melotot. Reaksi anda kadang dianggap bayi lucu dan menyenangkan. Selain itu, bisa jadi bayi malah kaget dan trauma menyusu. Komunikasikan pada bayi bahwa gigitan bayi membuat ibu sakit, sehingga sikecil tidak bisa menyusu untuk sementara waktu.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*