informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Begini Cara Membangun Harga Diri Anak

Orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan karakter seorang anak. Ada peribahasa mengatakan, “buah tak jatuh jauh dari pohonnya” begitu pula dengan tingkah dan polah anak, tentu akan meniru kedua orang tuanya. Oleh karena itu perlu kesigapan orang tua dalam membentuk karakter anak. Orang tua yang memberi contoh menghormati orang lain secara tidak langsung mengajari konsep harga diri terhadap anak. Anak yang tumbuh dengan harga diri tinggi akan menghargai diri sendiri dan orang lain.

Harga diri dibangun oleh tiga unsur yang fundamental: rasa aman karena merasa memiliki, rasa puas karena berhasil dan suka cita karena merasa dihargai. Jika kita mengikuti kecenderungan untuk bersika negatif dan terus menerus menyalahkan anak, hal itu justru akan merusak harga diri anak. Berikut beberapa hal yang pantang anda lakukan terhadap anak anda:

  • Jangan mengecam yang bersifat menyalahkan dan mempermalukan serta mengejek. Ini seperti mengajarkan pada anak bahwa mereka tidak beres.
  • Jangan menonjol-nonjolkan kesalahan dan ketidaksempurnaan anak meskipun memang banyak. Hal ini hanya akan menyebabkan dirinya kehilangan kepercayaan dirinya. Dia tidak akan menyukai dirinya sendiri, dia juga tidak berharap orang lain menyukainya, sehingga dia juga tidak akan menyukai orang lain.
  • Jangan selalu membuat keputusan untuk anak. Jika demikian, maka anak akan menarik kesimpulan bahwa penilaiannya tidak selalu baik.

Berikut beberapa cara yang bisa anda coba untuk membangun harga diri anak anda;

  • Periksa apa yang menjadi sumber harga diri anda. Para orang tua perlu punya gambaran positif tentang pribadinya agar dapat membangun hal serupa didalam diri anak-anak.
  • Berikan kesempatan pada anak agar dia dapat engembangkan kemampuan dan kepercayaan akan dirinya sendiri.
  • Berilah kesematan anak untuk memilih bidangnya sendiri agar dia dapat berkreasi dan berhasil dalam bidang itu. Jangan coba memaksanya untuk mengikuti ambisi kita dalam mencapai bidang yang kita inginkan.
  • Dengarkan dnegan penuh perhatian apa yang diceritakannya. Ini akan menanamkan ada dirinya bahwa dia adalah pribadi yang menarik.
  • Berikan tepuk tangan atas kemajuan yang dicapainya betapapun kecil kemajuan itu. Dengan demikian ia akan belajar untuk bersikap optimis.
  • Jika anak bersikap manis, rapi, tidak mmentingkan diri sendiri, suka menolong, disiplin, kreatif, cekatan, rajin dan sikap lainnya yang patut dipuji, nayatakan pujian anda. Pujian yang tulus tidak akan merugikan.
  • Waspada terhadap julukan yang dierikan pada anak anda. Terutama julukan yang menghina karena itu akan menimbulkan kesan yang tidak ia sukai.
  • Diskusikan tentang anak dan masalah-masalahnya terutama tidak didepan anak.
  • Pandang mereka sebagai salah satu individu. Jangan bandingkan dengan anak lain. coba tonjolkan kebaikan yang khas dari maisng-masing anak.
  • Jika mengajukan pertanyaan dan sama sekali tidak mengejek rencana mereka, kita berarti menolong mereka mengetahui bahwa mereka dapat bersifat luwes dan dapat menilai kembali rencananya bila ada perubahan dan informasi baru.

Demikian beberapa tisp yang bisa anda coba untuk membangun harga diri anak. Semoga anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang bisa dibanggakan orang tua.

Jabat erat, semoga manfaat 🙂

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*