informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Cara Murah dan Aman Menghilangkan Jerawat

Pernahkah anda merasa benar-benar terganggu karena  bintik jerawat di wajah? Bagaimana cara menghilangkan jerawat.  Jerawat atau acne biasa muncul pada permukaan kulit daerah wajah. Jerawat senang tumbuh pada area wajah yang berminyak, dipicu lagi dengan persinggungan dengan debu, asap kendaraan, make up yang tidak dibersihkan, dan faktor-faktor lain. Untuk menghilangkan jerawat terdapat cara murah dan aman. Untuk enghilangkan erawat anda tidak perlu ke klinik kecantikan ataupun membeli obat jerawat yang harganya mahal.

Pada dasarnya jerawat  merupakan tumpukan kotoran di permukaan kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati , minyak berlebih dan pengaruh kondisi hormonal tubuh. Selain itu wajah mudah berjerawat disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Makanan berminyak, mengandung santan, dan berasa pedas memicu pertumbuhan jerawat. Kotoran yang tidak bisa keluar tersumbat disaluran folikel rambut dan  pori-pori kulit wajah menimbulkan peradangan ditandai munculnya bintik berisi nanah.

Untuk mengatasi dan menghilangkan jerawat pada wajah perlu dilakukan tindakan pencegahan dan pengobatan. Cara menghilangkan jerawat dengan mudah dan aman dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut;

Bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat

1. Rajin membersihkan wajah

Kebersihan pangkal kesehatan berlaku untuk tubuh, dari ujung rambut sampai ujung kaki. Dalam persoalan jerawat kebersihan memegang peran penting. Wajah yang sering dibersihkan membuat pori-pori dan saluran folikel rambut lancar membuang kotoran dan sel kulit mati. Selain itu, wajah yang bersih dapat mempercepat absorbsi vitamin dan kebutuhan oksigen.

2. Banyak-banyaklah mengkonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung banyak vitamin, air, dan kaya serat, dan juga berfungsi sebagai antioksidan. Zat-zat  terkandung dalam sayur dan buah membuat kulit tampak sehat, cerah, dan tidak kusam,begitu pula kulit wajah akan tampak bersinar. Hal tersebut dikarenakan kandungan buah dan sayur mampu melarutkan lemak dan mengurangi produksi minyak tubuh yang tidak berguna. Ekskresi toxid dari dalam tubuhpun  juga lancar.

3. Hindari makanan manis, berlemak, banyak mengandung minyak, dan pedas

Makanan manis, berlemak, banyak mengandung minyak, dan pedas berpotensi membuat tubuh menghasilkan minyak berlebih. Minyak berlebih yang tersumbat berakumulasi dan berdampak menimbulkan jerawat pada wajah.

4.  Minum air putih minimal 8 gelas per hari

Air putih sangat penting karena memperlancar metabolisme tubuh dan regenerasi kulit. Air putih tidak hanya penting bagi kesehatan kulit wajah, namun juga bagi tubuh secara keseluruhan. Air putih berfungsi membersihkan kotoran dari dalam tubuh.

5. Hindari stres

Kondisi stres terjadi bila seseorang mengalami tekanan psikologis yang berkepanjangan. Kondisi ini perlu segera diatasi karena memicu pertumbuhan hormon penyebab jerawat. Selain itu tekanan stres membuat seseorang memiliki kecenderungan mengkonsumsi makanan manis, berlemak, dan alkohol.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami yang murah dan aman?

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun telah populer digunakan sebagai obat kesehatan, terutama kulit. Untuk menghilangkan jerawat cara berikut dapat ditempuh; pada malam hari sebelum tidur, bersihkan wajah dengan air hangat menggunakan washlap. Oleskan minyak zaitun pada permukaan kulit wajah secara merata. Lakukan  setiap menjelang tidur selama kurang lebih dua bulan

2. Lidah buaya

Lidah buaya menduduki peringkat pertama sebagai penyembuh luka. Potong batang lidah buaya,oleskan lendir lidah buaya pada wajah. Lakukan rutin setiap pagi dan sore, atau setiap kali habis dibersihkan. Jerawat akan lekas kering danbekas jerawat lama-kelamaan akan hilang.

3. Lemon

Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum lemon  dioleskan pada wajah. Lemon mengandung vitamin c sebagai antioksidan dan memperkecil pori-pori wajah. Setelah 10 menit bersihkan wajah yang telah diolesi lemon dengan air. Kulit akan menjadi lebih halus dan mulus.

4. Madu

Seperti halnya minyak zaitun, madu juga populer sebagai obat kesehatan yang telah diakui dunia. Untuk menghilangkan jerawat, oleskan madu ke kulit wajah menggunakan kapas. Diamkan selama 15 menit, kemudian basuh dengan air hingga bersih.

5. Tomat

Dalam tomat terkandung vitamin c dan air yang menyegarkan. Untuk menghilangkan jerawat iris tipis tomat kemudian tempelkan pada wajah yang berjerawat antara 15 menit sampai 1 jam.setelah itu wajah dapat dibasuh dengan air untuk membersihkan. Lakukan hal tersebut secara rutin.

6. Pepaya

Buah pepaya dapat dengan mudah dijumpai di wilayah Indonesia terutama pulau Jawa. Buah ini juga mengandung banyak vitamin c dan air. Buah pepaya yang masih mengkal bahkan dimasukkan dalam kategori buah pencegah kanker. Untuk menghilangkan jerawat, haluskan  pepaya secukupnya kemudian oleskan secara merata pada kulit wajah. Diamkan dan basuh dengan air setelah 20 menit.

7. Bawang putih

Bawang putih sebagai obat jerawat yang dioleskan mungkin belum familiar, namun bawang putih sudah terbukti sebagai anti oksidan. Untuk menghilangkan jerawat, cukup haluskan 2 siung bawang putih kemudian oleskan ke wajah secara merata. Setelah 10 menit basuh wajah dengan air. Lakukan secara rutin sampai jerawat kering dan sembuh.

Nah, demikian cara mencegah dan menghilangkan jerawat. Bagi mama yang mengalami masalah tersebut, langkah-langkah di atas patut dicoba. Kuncinya adalah kebersihan dan intensitas perawatan yang rutin, maka kulit wajah yang cerah dan halus akan Anda dapatkan. Selamat mencoba! (har/berbagai sumber)

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*