informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Daftar Kebutuhan Gizi Ibu Hamil Saat Puasa

Ibu hamil dan menyusui tetap bisa menjalankan ibadah puasa. Ibadah puasa hanya perubahan jadwal makan, hanya saja perlu diperhatikan kelengkapan gizi ibu hamil dan menyusui saat puasa. Kebutuhan gizi ibu hamil sangat penting karena berkaitan dengan gizi sikecil yang sedang masa tumbuh. Selain itu, jika kebutuhan gizi ibu hamil tidak terpenuhi maka bisa mengganggu ibadah puasanya.

Kunci menjaga kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui terletak pada gizi saat berbuka dan sahur. Terutama saat sahur, makanan yang dikonsumsi ketika sahur berpengaruh besar dalam menjaga tubuh ibu tetap prima dan kuat. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba dalam menyiapkan menu sahur bagi ibu hamil dan menyusui;

  • Siapkan makanan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan serat (buah dan sayuran).
  • Atur menu yang beragam atau bergantian setiap kali sahur agar kebutuhan gizi dapat terpenuhi (baca juga: jenis-jenis makanan yang mengandung gizi seimbang).
  • Konsumsi karbohidrat sebanyak 50-60 % setiap kali sahur
  • Cukupi kebutuhan lemak sekitar 25-30 dari kalori total. Lemak yang dikonsumsi dapat menjadi sumber tenaga untuk menyerap vitamin dan pertumbuhan sel. Sikecil juga membutuhkan banyak lemak untuk tumbuh kembangnya.
  • Konsumsi cairan sebanyak tiga gelas saat sahur.
  • Setiap sahur juga perlu mengkonsumsi dua jenis buah dan lima jenis sayuran setiap harinya.
  • Kebutuhan protein sebanyak 15 % dari kalori total. Sebaiknya protein adalah gabungan hewani dan nabati.
  • Konsumsi vitamin bisa diperoleh dari buah atau viamin tambahan. Konsultasikan dengan tenaga kesehatan anda vitamin apa yang cocok untuk ibu hamil dan menyusui, karena beberapa vitamin justru berbahaya untuk ibu hamil. Misalnya, vitamin A justru berbahaya karena dapat mengakibatkan cacat janin (baca juga: daftar obat terlarang bagi ibu hamil).
  • Perhatikan juga jumlah makanan dan cara memasaknya (baca; menu sehat ibu hamil dan menyusui saat berpuasa).

Demikian daftar kebutuhan gizi ibu hamil yang harus dipenuhi saat puasa. Pada dasarnya kebutuhan gizi ibu hamil dan menyusui saat puasa sama dengan hari-hari biasa. Kuncinya terletak pada keberagaman pangan yang menganut pedoman gizi seimbang (baca juga: panduang gizi seimbang untuk keluarga Indonesia).

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*