informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Download Game Anak dengan Bijak

Era digital selalu bergerak cepat. Banyak hal-hal baru yang terjadi dan diciptakan setiap harinya, termasuk game anak. Mudahnya akses terhadap teknologi dan asyiknya game anak membuat anak seringkali kecanduan bermain game. Sayangnya, bila sucah mencapai taraf kecanduan ini justru yang merepotkan orang tua dan merugikan anak itu sendiri.

Game anak diciptakan bukan serta merta untuk tujuan yang buruk atau sekedar bersenang-senang saja. Banyak game anak yang edukatif dan bermanfaat dalam mengembangkan pola pikir. Akan tetapi perlu kejelian dan dampingan orang tua dalam memilih game. Berikut beberapa tips yang berkaitan dengan game :

  1. Batasi waktu bermain game, baik melalui komputer, TV maupun video game. Waktu yang efektif daam bermain game tidak lebih dari dua jam. Anak-anak sebaiknya beraktivitas yang lebih aktif ketimbang duduk didepan layar. Jangan sampai kegiatan didepan layar menyita waktu anak dan menjadi kegiatan utama. Selain merugikan fisik anak, terlalu lama didepan layar juga tidak baik untuk perkembangan motorik halusnya.
  2. Dampingi anak untuk memilih permainan yang mendidik dan memerlukan logika dalam memecahkan game, misalnya game yang dipilih dapat mengenalkan bentuk geometri, abjad, huruf atau memecahkan teka-teki.
  3. Anda juga bisa membuat jadwal reguler kapan anak bisa nentukan kapan saat yang tepat untuk nonton TV atau main game. Misalnya, anda hanya mengijinkan anak bermain satu jam sebelum jadwal belajar. Jangan memberi kesempatan bermain game setelah jam belajar karena akan mengganggu konsenrasi belajarnya. Anak hanya akan menunggu saat jam belajar selesai agar bisa segera bermain game.
  4. Anda juga bisa membuat hari bebas teknologi. Misalnya pada hari mingu, ajak semua anggota keluarga untuk jalan-jalan dan belajar diluar rumah.

Nah, dalam hal pendampingan memilih game untuk anak, anda juga harus bijak dalam mendownloadnya. Berikut beberapa tips ketika akan mendownload game anak.

  1. Pilih game yang memiliki warna mencolok. Warna yang mencolok akan mengasah indra penglihatan dan motorik halus anak. Anda juga perlu memastikan bahwa game yang akan anda pilih tidak memiliki konten atau gambar yang tidak ramah anak.
  2. Pilih game yang mendidik dan membant proses belajarnya, misalnya game tekateki, memcahkan masalah, game yang mengandung matematika. Banyak pencipta game yang memproduksi game edukatif, anda bisa mendapatkan game sejenis ini dengan mudah.
  3. Pilih game yang ringan untuk anak anda, sehingga ia tak dibuat terlalu pusing yang juttru membuatnya stres.  levelnya.

Demikian beberapa tips dalam memilih dan mendownload game anak. Semoga bermanfaat ya mam..

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*