informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Ini 5 Mainan Bayi untuk Usia 1-3 Bulan

Tumbuh kembang bayi dipengaruhi oleh banyak hal. Bakat bawaan dan lingkungan merupakan pengaruh yang berperan penting. Orang tua bisa mengusakan kecerdasan anak dengan mempersiapkan lingkungan yang mendukung kecerdasannya nanti. Salah satu media pendukung kecerdasan adalah mainan bayi. Tapi, mama harus selektif dalam memilih mainan bayi. Pilih mainan bayi yang sesuai dengan usianya agar stimulasi pada bayi dapat optimal.

Kemampuan bayi pada usia 1-3 bulan sangat terbatas. Tangannya masih mengepal, pandangannya pun beum berkembang degan baik. Meski begitu ia sudah dapat melihat objek besar. Pendengarannya juga sudah berfungsi dengan baik. Terbukti jika mendengar suara ia akan menengok. Berikut 5 mainan bayi yang sesuai untuk usianya:

1. Mainan yang berbunyi

Istilah populernya mainan kliningan. Anda dapat memilih mainan ini dengan bentuk yang lucu dan menarik. Mainkan mainan ini dihadapan sikecil. Goyangkan mainan tersebut secara perlahan hingga mengeluarkan bunyi. Akan lebih baik, saat menggoyangkan mainan, nyanyikanlah sebuah lagu. Misalnya, “satu-satu aku sayang ibu”. Jika sikecil memandangi mainan tersebut, gerakkan ke sisi lainnya. Iringi dengan lagu yang serupa. Berikan kesempatan sikecil untuk memegang mainannya. Mainan yang berbunyi tidak hanya mengasah indra pendenagarannya tetapi juga penglihatan, motorik halus ketika ia memegang mainannya.

2. Mainan Tekstur

Membuat bayi merasakan sensai yang berbeda. Carilah boneka atau mainan bertektur berbahan lembut, kasar dan padat. Cobalah menggesekan lengan bayi dengan mainan-mainan itu, mulailah dari bahan lembut, kasar kemudian mainan berbahan kasar atau padat. Jika sikecl ingin memegangnya, biarkan.

3. Mainan Boneka

Carilah boneka lucu berukuran sedang. Kenalkan boneka itu pada bayi, biarkan dia merabanya. Setelah itu, buatlah semacam dialog antara boneka dan bayi. Katakan segala hal yang ia kerjakan. Misalnya saat mengganti popok, ceritakan padanya mengapa ia harus berganti popok sebelum tidur. Gambarkan juga apa yang sedang kita kerjakan, baik ketika sedang mengambil bedak, menetesskan minyak kayu putih maupun saat memakaikan baju. Jika memungkinkan, ubahlah suara anda. Gunakan juga nada tinggi, rendah, nyanyian dan sebagainya. Mainan boneka tidak hanya merangsang indra pendengaran sikecil tapi juga kemampuan berbahasanya.

4. Mainan Gantung

Salah satunya bola warna warni. Mainan ini sangat membantu ketika orang tua hendak mengganti popok bayi maupun disaat senggang. Cobalah gantung bola warna-warni itu lalu putarkan secara perlahan. Lama-lama sikecil senang, dan ingin menggapai mainan itu. Mainan gantung tidak hanya bermaanfaat untuk mengasah koordinasi mata dan tangan tapi juga mengenalkan pada bayi aneka warna.

5. Bola Besar

Bola ini sangat cocok digunakan sebaagai penyangga bayi 3 bulan. Cobalah tempatkan bayi diatas bola, lalu letakkan perutnya diatas bola. Pegang kedua tangannya erat-erat. Perlahan, gulirkan bola kedepan dan kebelakang. Sangat baik jika aktivitas ini diiringi dengan lagu. Gerakan ini sangat membantu dalam mendukung perkembangan otaknya.

Nah, demikian 5 mainan bayi untuk usia 1-3 bulan. Semoga bermanfaat ya mam…

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*