informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Ini 8 Makanan Penting Agar Anak Cerdas

Kecerdasan otak anak sangat dipengaruhi tumbuh kembangnya dimasa-masa pertumbuhan.  Dr. Ang Poon Liat, seorang konsultan senior penyakit dan kesehatan anak dari Paediatric Centre Thomson Medical Centre, Singapura, menyatakan bahwa tingkat kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh banyak hal, seperti unsur genetik sebesar 20% dan sisanya dari asupan makanan sehari-hari.

Nah, agar kecerdasan anak dapat berkembang maksimal, ada baiknya mama memberikan asupan gizi yang mendukung tumbuh kembang mereka. Apa saja makanan yang dapat merangsang kecerdasan otak anak? Mari kita ulas;

  1. Ikan laut

Protein dalam ikan laut mengandung zat yang mampu merangsang pertumbuhan otak anak. Zat tersebut dikenal dengan taurine, dimana zat ini bekerja dnegan baik untuk merangsang sel otak yang masih dalam tahap tumbuh kembang.

Zat lain yang juga tak kalah penting adalah asam lemak Omega-3 (EPA dan DHA). Sebagian besar otak manusia mengandung zat omega 3, sehingga mengkonsumsi omega 3 dapat membantu perkembangan sel otak. Menurut beberapa penelitian, anak-anak yang mengkonsumsi minyak ikan dapat memiliki daya ingat yang lebih kuat. Ikan yang memiliki kandungan Omega-3 sangat berlimpah adalah ikan salmon. Beberapa peneliti juga mengungkapkan ikan tuna juga mengandung omega-3 namun tidak sebanyak ikan salmon.

  1. Telur

Bagian kuning telur sangat kaya akan protein, kolin dan vitamin B yang dapat berperan meningkatkan daya ingat. Setiap butir telur mengandung 70 kalori. Banyak jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan manusia bisa ditemukan dalam telur.

Kapan bayi boleh diberi telur?

Telur merupakan salah satu makanan yang dapat memicu resiko alergi. Jika anak anda memang positif alergi telur, sebaiknya berikan telur setelah berusia 5 tahun.

Jika orang tua dan bayi tidak memiliki riwayat alergi, telur (baik putih telur maupun kuning telur) dapat mulai diberikan kepada bayi sejak mendapat MPASI.

  1. Kacang-kacangan

Jika sikecil suka ngemil, ada baiknya berikan cemilan kacang-kacangan. Kacang sangat kaya akan vitamin E yang bersifat sebagai antioksidan handal yang dapat melindungi sel otak terhadap radikal bebas. Selain itu, kacang juga merupakan sumber energi yag baik. Kandungan vitamin E dan thiamin dalam kacang mampu mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Kacang yang paling baik untuk tumbuh kembang otak adalah kacang merah karena mengandung banyak asam lemak omega-3.

  1. Sayuran berwarna

Sayuran yang berwarna cerah merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi. Wortel, tomat dan bayam mengandung antioksidan yang tinggi. Semakin cerah dan segar warna sayuran, kandungan antioksidannya semakin tinggi. Kandungan antioksidan dalam sayuran dapat menjaga sel otak tetap sehat yang pada akhirnya menunjang kecerdasan otak.

  1. Beras dan gandum yang masih ada kulit arinya

Beras merah dan oat merupakan salah satu beras yang masih memiliki kulit ari. Kulit ari pada beras merah dan oat mengandung vitamin B dan kadar serat yang tinggi sehingga mampu melepaskan glukosa secara perlahan. Kadar glukosa yang tinggi dapat membuat anak lebih energik namun tidak mulah lelah.

baca juga;

Bahaya teh jika dikonsumsi bayi

Tips membiasakan anak suka membantu sesama

Tips mendidik anak agar menjadi anak sukses

Normalkah anak suka berbicara sendiri?

  1. Buah beri

Buah-buahan jenis beri seperti strawberry, rasberry, blueberry dll mengandung nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan otak. Beberapa penelitian menyatakan bahwa buah beri dapat memperbaiki fungsi daya ingat otak sehingga mampu meningkatkan kemampuan otak anak. Biji buah beri mengandung omega-3 yang berperan penting dalam membantu tumbuh kembang otak. Selain itu, beri juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Polong-polongan

Kandungan protein dan karbohidrat kompleks yang terdapat pada polong-polongan dapat menghasilkan energi yang baik untuk merangsang otak. Polong-polongan juga mengandung protein untuk menghasilkan asam nukleat dari sel otak.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan sumber protein, vitamin B dan D yang amat penting bagi pertumbuhan jaringan otak serta neurotransmiter. (Baca juga; 10 manfaat yogurt untuk pertumbuhan bayi).

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*