X
    Categories: Bayi

Ini Daftar Lengkap Perlengkapan Bayi Baru Lahir

bayi baru lahir

Perlengkapan bayi baru lahir biasanya mulai dipikirkan calon ibu saat usia kandungan memasuki bulan-bulan terakhir. Perlengkapan persalinan, perlengkapan bayi maupun hal-hal kecil tidak boleh anda lewatkan. Jika anda sudah mengetahui hasil USG terkait jenis kelamin, maka anda bisa lebih mudah menyiapkan perlengkapan bayi anda.

Mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir sangatlah penting, terlebih jika persalinan pertama. Banyak hal yang harus anda masukkan dalam daftar belanja. Namun, jangan kalap saat belanja. Pilah mana yang benar-benar penting dan mana yang hanya memberi sedikit manfaat. Perlu anda ketahui, bayi baru lahir perkembangannya sangat cepat dibulan-bulan pertama. Maka, pakaian bayi tidak akan bisa dipakai dalam waktu yang lama.

Kelompokkan perlengakapn bayi baru lahir berdasarkan skala kepentingan, misalnya yang sangat penting, penting atau biasa. Hal ini akan membantu anda mengatur pengeluaran biaya.

Bagi bayi yang baru lahir dot, bantal tambahan di sekitar tempat tidur bayi, penghangat lap atau handuk dan alat monitor bayi yang canggih selain manfaatnya dirasa kurang untuk bayi anda harganyapun cukup mahal. Pada dasarnya perlengkapan bayi terdiri dari pakaian, perlengkapan mandi, perlengkapan tidur, perlengkapan bepergian dan perlengkapan kesehatan.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir (Foto: istimewa)

Kapan Saat yang Tepat Membeli Perlengkapan Bayi?

Bagi orang Jawa, sangat pamali membeli perlengkaapan bayi di usia kandungan kurang dari 7 bulan. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan karena usia kandungan kurang dari 7 bulan masih rentan dan belum kuat. Mereka percaya bahwa membeli perlengkapan baayi sebelum usia kandungan 7 bulan kurag baik karena mendahului ketentuan Tuhan. Ketika usia kandungan 7 bulan, kandungan sudah siap untuk dilahirkan meski belum terlalu kuat. Nah, ketika kandungan sudah berusia 7 bulan pastinya mulai berfikir perlengkapan apa sajaa yang diperlukan bayi baru lahir.

Sebelum membeli perlengkapan bayi, ada baiknya melakukan USG untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Hal ini akan mempermudah dalam memilih corak dan warna untuk si kecil. Tapi, ada juga mama dan papa yang nggak pengen ngerti jenis kelamin si buah hati. Bagi ibu-ibu muda yang kali pertama memiliki bayi pasti bingung apa saja yang harus dipersiapkan. Beragam pruduk perlengkapan bayi seringkali membuat mama bingung produk mana yang bagus, yang aman dan memang dibutuhkan calon buah hati.

Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Mama bisa membuat catatan perlengkapan yang kiranya benar-benar diperlukan ketika menyambut kelahiran si kecil. Berikut daftar  lengkap perlengkapan bayi baru lahir;

1. Pakaian Bayi Baru Lahir

  1. Baju bayi dengan lengan panjang  (mama bisa memakaikannya pada malam hari untuk menjaga bayi tetap hangat)
  2. Baju bayi lengan pendek
  3. Singlet bayi atau baju bayi tanpa lengan
  4. Celana panjang bayi
  5. Celana pendek bayi.
  6. Kain bedong, beli secukupnya, anda hanya membutuhkannya hingga ia berusia 2 bulan
  7. Kaus kaki dan sarung tangan untuk menjaga tangan dan kaki bayi tetap hangat, selain itu mencegah kemungkinan bayi mencakar wajahnya sendiri.
  8. Kupluk Bayi

Tips :

Baju lengan panjang dan pendek dikenakan sesuai dengan kondisi. Siapkan sekitar setengaah lusin untuk persediaan bila sewaktu-waktu si kecil muntah dan memerlukan pakaian ganti. Yang paling penting dalam membeli baju bayi, perhatikan bahan dan model bajunya. Pilihlah bahan dingin, lembut dan nyaman.

Dalam memilih celana, perhatikan karet celana. Baayi yaang masih sensitif tidak boleh mengenakan celana dengan karet yang terlalu kencang karena dapat menggangu pertumbuhan sistem pencernaanya.

2. Popok/diaper

Siklus buang air kecil pada bayi yang berusia lebih dari 3 hari biasanya lebih dari 6 kali. Tak apa, bayi yang sering buang air kecil tandanya tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Mengingat hal itu, maka anda perlu memikirkan diapers yang cocok untuk si buah hati. Ada dua pilihan;

Popok Kain

Anda bisa mencucinya kembali setelah si kecil buang air. Selain bisa menghemat pengeluaran, penggunaan popok kain juga g bikin timbunan sampah kan?

Pospak (Popok Sekali Pakai)

Kalau tak maau repot, anda bisa gunakan popok sekali pakai. Taapi hati-hati dengan kulit si kecil, jangan sampaai karena terlalu sering menggunakan pospak si kecil terkena ruam popok. Untuk mengantisipasinyaa, anda bisa mengoleskan salep anti ruam disekitar pantatnya sebelu memakaikan pospak.

3. Perlengkapan Tidur Bayi

  1. Selimut bayi, pilihlah selimut yang berbahan handuk atau flanel agar si kecil merasa nyaman.
  2. Bantal guling bayi, perhatikan usia bayi dalam memilih bantal dan guling. Bayi baru lahir membutuhkan bantal yang tidak terlalu tinggi. Jikalau perlu, pilih bantal peyang untuk mencegah kepala bayi menjadi peyang. Anda bisa mendapatkanya di Onlineshop atau di toko perlengkapan
  3. Perlak sebagai lapisan alas tempat tidur bayi agar ompol bayi tidak meresap.
  4. Kelambu apabila ada banyak nyamuk di lingkungan anda.

4. Perlengkapan Mandi Bayi

  1. Washlap bayi
  2. Handuk mandi bayi.
  3. Bak Mandi
  4. Sabun
  5. Shampoo

5. Perlengkapan Perawatan

  1. Baby oil
  2. Minyak telon
  3. Bedak tabur
  4. Baby lotion
  5. Baby hair oil (minyak rambut bayi)
  6. Tissue basah
  7. Cotton buds
  8. Kain kasa
  9. Kapas (bola atau kiloan)
  10. Tissue
  11. Gunting Kuku
  12. Alkohol untuk membersihkan bekas tali pusar bayi yang baru lahir.

6.  Perlengkapan Bepergian.

  1. Tas dengan ukuran yang cukup untuk baju bayi
  2. Gendongan bayi silang, meskipun banyak jenis gendongan bayi untuk bayi yang baru lahir disarankan menggunakan gendongan silang yang lebih nyaman.

7.  Perlengkapan Kesehatan.

  1. Thermometer
  2. Kassa
  3. Alkohol 70%
  4. Betadine

Mengingat perkembangan bayi yang sangat pesat bagi anda yang akan berbelanja perlengkapan bayi menjelang kelahiran disarankan dalam jumlah yang cukup tidak berlebih apalagi untuk anda bayi yang lahir belum diketahui berat badannya. Pada beberapa kelahiran bayi ditemukan baju bayi tidak dapat digunakan karena berat badan bayi yang terlalu besar, sehingga memerlukan baju bayi berusia tiga bulan. Buatlah daftar belanja di kelahiran pertama hingga bulan ketiga terlebih dahulu untuk menghemat dan mengefektikan kegunaan barang- barang yang anda beli.

Note: perhatikan ini ya mam..

 

 

 

View Comments

  • Terima kasih, dengan info tersebut para orang tua yang baru akan mempunyai anak yang pertama jadi tahu banyak.