informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Ini Dia Rahasia kecantikan alami Wanita Indonesia

Kecantikan alami selalu di idamkan setiap orang, utamanya para wanita. Wanita Indonesia menyimpan banyak rahasia kecantikan yang turun temurun dari generasi kegenerasi. Apa rahasia kecantikan alami wanita Indonesia? Ternyata rahasianya adalah perawatan yang menggunakan rempah-rempah.

Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah-rempah. Di masa lalu Indonesia menjadi target penjajahan negara lain karena kekayaan rempah-rempah dan sumber daya alam lainnya. Selain untuk kesehatan tubuh melalui aroma rasa masakan khas Indonesia, rempah-rempah ini telah digunakan oleh nenek moyang sebagai bagian dari resep kecantikan alami. Untuk memiliki kecantikan alami, diperlukan bahan-bahan alami pula untuk melakukan perawatan tubuh dan wajah.

Ritual lulur untuk kecantikan alami perempuan Indonesia bisa Anda lakukan di rumah sendiri, tanpa harus ke spa yang mahal. Anda bisa membuat sendiri lulur dari bahan rempah-rempah yang banyak tersedia di lingkungan sekitar Anda. Ilmu ini harus Anda coba dan wariskan pada putri-putri Anda kelak.

  1. Bedak dingin

Bedak dingin sudah digunakan oleh perempuan Indonesia sejak zaman dahulu. Bedak dingin sangat mudah dibuat dan murah. Bahan-bahan yang diperlukan pun cukup sederhana dan mudah didapat. Di Pulau Jawa, bedak dingin ini juga biasa digunakan untuk meluluri balita ketika musim kemarau dan udara terasa panas menyengat.

Anak-anak perempuan yang beranjak dewasa  dikenalkan dengan lulur bedak dingin untuk mempertahankan kehalusan dan kekenyalan kulit, menutrisi, dan menjaga kebersihan kulit.

Bahan dan cara pembuatan:

Bahan:

– beras

– bengkuang/besusu

– air mawar

– kunyit

Cara pembuatan :

-Rendam beras selama kurang lebih 2 minggu, setelah 2minggu beras ditumbuk sampai halus dan menjadi bubuk.

-Parut bengkuang dan ambil saripatinya.

-Campur bubuk beras dan saripati bengkuang dengan air mawar sedikit demi sedikit, jangan sampai terlalu lembek.

-Ambil sedikit bahan dan bentuk bulatan-bulatan kecil.

-Apabila hendak digunakan, ambil satu bulatan, cairkan dengan air mawar, dan tambah dengan sedikit bubuk kunyit.

Cara penggunaan:

Oleskan bedak dingin yang sudah dicairkan ke wajah atau bagian kulit yang lain. Tunggu sampai kering kemudian bilas dengan air.

  1. Lulur kuning

Lulur ini disebut sebagai lulur kuning karena warna hasilnya agak kekuningan yang berasal dari kunyit. Lulur kuning biasa dipergunakan oleh perempuan di Pulau Jawa. Lulur ini berkhasiat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kotoran terangkat dan kulit menjadi bersih. Lulur kuning terkenal digunakan sebagai perawatan untuk menghaluskan, melembutkan, dan membuat aroma tubuh menjadi wangi dan segar.

Bahan yang diperlukan:

-beras yang sudah direndam selama 2 minggu dan ditumbuk halus

-kunyit

-Temu giring

-pandan wangi

Cara pemakaian:

Campur semua bahan, tumbukhingga halus, balurkan ke seluruh bagian tubuh sambil digosok-gosokkan. Tunggulah selama 30 menit agar lulur meresap dan menutrisi kulit. Langkah terakhir bersihkan dengan membilas menggunakan air hangat.

  1. Lulur hitam

Lulur hitam tumbuh dan berkembang di wilayah Bugis. Seperti namanya lulur ini berwarna hitam. Perempuan Bugis yang hendak menikah , biasanya melakukan  perawatan tubuh menggunakan lulur hitam. Lulur hitam berkhasiat menghaluskan kulit, menjaga elastisitas, dan mencerahkan kulit.

Bahan dan cara pembuatan :

– Tepung beras

– Gingseng

– kayu manis

Cara membuat : tepung beras disangrai hingga hangus, tumbuk dan campur dengan gingseng dan kayu manis.

Cara menggunakan lulur hitam sama dengan cara penggunaan pada lulur kuning.

  1. Lulur borehan

Boreh dalam bahasa Jawa berarti balur. Boreh adalah sesuatu yang dibalurkan. Lulur boreh terkenal di Pulau Jawa dan Bali. Lulur ini selain mencerahkan kulit, juga berkhasiat untuk kesehatan, antara lain; menghangatkan badan, memperlancar peredaran darah, menghilangkan pegal-pegal dan masuk angin. Lulur boreh juga membantu relaksasi otot dan detoksifikasi.

Bahan:

– beras hitam

– Rempah-rempah yang terdiri dari serai, cendana, kayu manis, pala, cengkih, lengkuas, jahe.

– minyak kelapa

Cara pembuatan lulur boreh adalah menghaluskan semua bahan.

Cara pemakaian: balurkan lulur ke seluruh tubuh diiringi dengan pijatan perlahan-lahan.

  1. Lulur Mangir wangi

Lulur mangir wangi agak berbeda dengan lulur yang lain. Lulur ini digunakan sebelum mandi uap dengan sari-sari rempah melalui uap dari rebusan bahan-bahan. Lulur ini berkhasiat menghaluskan kulit, menghilangkan bau badan tak sedap, dan berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh.

Bahan:

Beras dan wangi-wangian

Cara pemakaian :

Lakukan luluran  menggunakan lulur mangir wangi yang berasal dari berasdan wangi-wangian yang dihaluskan,kemudian  rebus bahan untuk mandi uap antara lain; Beras, kencur, kayu manis, limau, pandan, akar wangi, dan daun jeruk. Urapkan uaphasil rebusan ke seluruh tubuh yang berselimut kain sampai uap ramuan habis.

Pemakaian lulur-lulur tersebut terbukti mampu membersihkan secara maksimal. Lakukan dua bulan sekali. Selamat mencoba!

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*