informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Ini Jenis Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Setiap orang tua pasti ingin anak-anaknya tumbuh aktif, cerdas dan sehat tanpa gangguan apapun. Bayi yang gendut dan tambun seringkali menjadi indikator bayi yang sehat. Tak hanya itu, bayi yang gemuk juga terlihat lucu dan menggemaskan jika dilihat. Itulah kenapa banyak orang tua yang berusaha menaikkan berat badna bayinya. Hal ini tentu berbeda jika bayi anda tampak kurus. Anda pasti akan merasa cemas dengan kondisi kesehatan sikecil. Karenanya, penting untuk mengupayakan agar berat badan bayi dapat bertambah.

Tidak ada orang tua yang ingin anaknya bertubuh kurus di bawah berat badan ideal. Memberikan makanan penambah berat badan bayi bisa menjadi solusi terhadap masalah kurang berat badan bayi. Bayi yang memiliki berat abdan bayi kurang mingkin karena kekurangan asupan gizi yang seimbang. Bisa juga karena ada gangguan kesehatan tertentu atau malah penurunan berat badan yang normal terjadi. Yang dimaksud penurunan berat badan normal adalah saat bayi sangat aktif bergerak sehingga berat badannya menurun karena energinya habis untuk beraktifitas.

Meski sudah merasa memberikan makanan yang bergizi tinggi dan seimbang, beberapa anak tetap tumbuh dengan tubuh yang kurus. Tentu menjadi satu kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. Namun, apakah benar anak anda memang bertubuh kurus? Kriteria kurus atau tidaknya anak-anak tidak bisa berdasar penglihatan saja. Tidak jarang orang tua mengira anaknya kekurangan gizi sehingga bertubuh kurus, padahal tidak ada masalah dengan gizi anak.

Kadang orangtua khawatir melihat buah hatinya bertubuh kurus, padahal sudah memberikan makanan yang terbaik, yang bergizi tinggi dan seimbang. Namun apakah benar anak Anda bertubuh kurus? Penilaian ini tidak bisa dengan hanya dilihat berdasar dari penglihatan saja. Di halaman 2 ada sedikit panduan cara menghitung berat badan ideal pada bayi. Tidak jarang orangtua mengira bayinya kurang gizi dan kurus, padahal semuanya baik-baik saja.

Daftar Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Semua orang tua pasti memprioritaskan kesehatan anak sebagai prioritas utama. Berat badan memang salah satu indikator kesehatan dan tumbuh kembang bayi selain indikator perkembangan sensorik dan motoriknya. Perkembangan sensorik dan motorik bayi bisa dilihat dari gerakan kepala bayi, mulai mampu mengenali orang tua, mulai bersuara dan sebagainya.

Untuk bisa menaikkan berat badan bayi, Anda harus memberikan makanan yang bergizi secara teratur. Cobalah memperkenalkan makanan baru bagi anak Anda setiap minggunya. Namun perlu diingat bahwa pemberian makanan yang cukup padat seperti bubur bayi baru boleh dilakukan ketika anak menginjak usia 6 bulan ke atas. Pemberian makanan padat pada umur dini dapat menyebabkan suatu penyakit yang berbahaya.

Asupan yang masuk ketubuh sikecil akan mempengaruhi berat badan bayi. Makan sembarangan akan berakibat buruk pada sistem pencernaan bayi. Bukan berat badan bayi yang naik, kesehatan sikecil justru terganggu karena pencernaannya terganggu. Untuk itu, anda perlu selektif memilih makanan sikecil. Berikut adalah daftar mengenai makanan penambah berat badan bayi yang dapat Anda coba berikan bagi si buah hati.

1. Berikan Asupan ASI yang Berkualitas

Untuk menambah berat badan bayi yang masih berusia 0-6 bulan, yang perlu anda lakukan adalah dengan meningkatkan pemberian ASI. Namun, yang perlu anda perhatikan adalah kualitas dari ASI yang anda berikan. ASI berkualitas bisa didapatkan dari asupan gizi yang disantap oleh ibu. Oleh karena itu, perhatikan dan lengkapi kebutuhan nutrisi harian ibu agar mampu menghasilkan ASI yang berkualitas. Selain itu, ibu menyusui harus mengindari tekanan dan stress yang bisa mempengaruhi produksi ASI.

2. Gandum

Makanan yang dibuat dengan campuran gandum atau biji-bijian mengandung jumlah kalori yang baik dan juga menjadikan makanan sehat untuk diberikan kepada bayi anda. Selain itu sebuah pusat kesehatan bayi menganjurkan bahwa dengan mencampur bahan makanan yang digabung bersama dengan biji-bijian akan dapat meningkatkan jumlah kalori untuk bayi setiap hari. Untuk itu, tidak ada salahnya jika anda mulai menyajikannya untuk si kecil seperti membuat pancake yang dibuat dari tepung gandum dan dicampur bersama kacang-kacangan.

3. Berikan Sayur dan Buah

buah yang terbaik untuk mpasi bayi

Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran mengandung sejumlah kalori per porsi yang lebih besar dan membantu bayi anda mendapatkan bobot tubuh serta asupan nutrisi yang seimbang. Salah satu jenis buah-buahan yang terbilang cepat dalam menaikan berat badan bayi adalah alpukat. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cukup tinggi yang sehat dengan jumlah kalori yang tepat. Namun demikian, masih ada banyak buah lain yang juga memiliki nutrisi yang tak kalah penting seperti misalkan pisang dan buah pir yang memiliki kandungan kalori yang baik untuk bayi. Sementara itu untuk menghidangkan sayuran pada buah hati, anda bisa menghidangkannya bersama dengan satu sendok teh minyak zaitun atau mentega ketika memasak sayuran hal ini bertujuan untuk menambah kandungan lemak.

Demikian beberapa daftar makanan yang dapat menambah bobot tubuh bayi. Memilih makanan yang tepat untuk menaikan bobot tubuh bayi adalah hal yang penting agar hasil yang didapat bisa sesuai dengan apa yang diharapkan serta kesehatan si kecil dapat terjaga dengan baik.

4. Susu Formula

Susu formula dapat menjadi makanan tambahan bagi bayi di atas umur 6 bulan. Setelah anak menginjak umur 6 bulan, sebaiknya jangan hanya bergantung pada pemberian ASI saja, namun coba tambahkan makanan lain seperti susu formula. Untuk mereka yang sulit memberikan ASI pada anak di bawah umur 6 bulan juga dapat memberikan susu formula tambahan sebagai alternatif.

5. Pisang

Buah pisang dapat mulai Anda berikan bagi bayi di atas umur 6 bulan. Makanan penambah berat badan bayi ini kaya akan serat, kalium, Vitamin C, Vitamin B6 dan mengandung kalori yang padat. Pada bayi usia 6-8 bulan, berikan pisang dalam bentuk bubur pisang. Setelah menginjak usia di atas 8 bulan, pisang dapat diberikan dalam bentuk buah.

6. Daging

Berikan daging ayam setelah bayi Anda menginjak usia 8 bulan. Daging ayam dapat menjadi makanan penambah berat badan bayi karena mengandung banyak niasin, magnesium, Vitamin B6, Vitamin B12 dan yang paling penting mengandung protein dan kolesterol sehat. Untuk usia lebih kecil, ayam dapat diberikan dalam bentuk kuah kaldu.

7. Minyak

Bagi Anda yang sudah mencoba memberikan makanan campuran bagi bayi seperti bubur saring dari sayur dan daging, tambahkan minyak pada bubur tersebut. Minyak sangat baik untuk menaikkan berat badan bayi karena mengandung lemak. Pilihlah minyak seperti minyak olive atau minyak wijen. Tambahkan 1-2 sendok teh pada bubur saring anak Anda.

8. Ubi Manis

Selain rasanya enak dan manis, ubi manis dapat dipakai sebagai makanan penambah berat badan bayi. Berikan ubi manis pada bayi berusia 6 bulan ke atas. Ubi mengandung lemak jenuh dalam kadar yang rendah, serat, magnesium, kalium, Vitamin A, C dan B6 dalam kadar yang tinggi. Kalori yang terkandung pun banyak dan padat.

9. Alpukat

Sama seperti buah pisang, alpukat juga merupakan makanan penambah berat badan bayi. Kandungan lemak yang sehat pada alpukat dapat membantu menaikkan berat badan anak. Alpukat juga mengandung serat yang baik bagi pencernaan. Berikan alpukat dalam bentuk bubur lembut bagi bayi berusia di atas 6 bulan.

10. Telur

Berikan telur pada bayi berusia di atas 8 bulan. Telur mengandung banyak sekali protein di putih telur dan kolesterol di kuning telur. Hati-hati bahwa telur menyebabkan reaksi alergi pada beberapa anak. Telur dapat disajikan dalam bentuk telur rebus, di orak-arik dan di goreng.

11. Selai Kacang

Selain enak, selai kacang juga cocok diberikan pada bayi untuk membantu menaikkan berat badannya. Berikan selai kacang pada anak umur 10 bulan ke atas. Selai kacang mengandung banyak kolesterol dan protein yang dapat menaikkan berat badan bayi. Bila anak Anda telah berusia 1 tahun, selai kacang dapat menjadi teman roti tawar bagi menu makanan anak Anda.

Kebiasaan Makan

makanan pendamping asi

Kebiasaan makan merupakan kunci yang penting untuk menaikkan berat badan anak Anda. Kebanyakan anak kecil yang mulai beranjak ke usia balita mengalami fase sulit makan sehingga tidak sedikit orangtua yang mengeluh karena hal ini. Untuk itu, kebiasaan makan yang baik sudah harus dipupuk sejak dini.

Berikan anak Anda bubur saring dari nasi, daging dan sayur sejak usia 8 bulan dibandingkan dengan pemberian bubur susu. Hal ini akan membiasakan anak Anda untuk makan makanan orang dewasa saat ia menginjak umur yang lebih besar. Orangtua yang memiliki kebiasaan makan yang baik seperti makan sayur dan daging yang bergizi juga akan menularkan kebiasaan ini kepada anak-anaknya karena anak terbiasa dengan kebiasaan orangtuanya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan makanan pada bayi / anak untuk pertama kali adalah faktor alergi. Beberapa anak memiliki alergi terhadap bahan makanan tertentu, jadi cobalah untuk memberikannya dalam jumlah sedikit dahulu untuk melihat apakah ada reaksi alergi.

Panduan Berat Badan Ideal Bayi

Memiliki bayi yang sehat dan gizi yang baik merupakan tujuan semua orangtua. Namun tidak jarang juga bayi yang gemuk. Kegemukan seharusnya dilawan sejak dini karena akan membawa masalah ketika anak beranjak dewasa karena membuatnya rentan terkena berbagai penyakit. Untuk itu sebaiknya Anda mengetahui berat badan ideal bayi

  • Berat badan bayi akan turun beberapa gram dibandingkan saat lahir. Jangan khawatir karena ini adalah hal yang normal.
  • Sampai usia 3 bulan, berat badan bayi naik 175-210 gram per minggu
  • Usia 5 bulan, berat badan bayi harus 2x berat badan saat lahir
  • Usia 1 tahun, berat badan bayi harus 3x berat badan saat lahir
  • Usia 2,5 tahun, berat badan bayi harus 4x berat badan saat lahir

Kombinasikan makanan-makanan penambah berat badan bayi setiap harinya agar bayi mendapat banyak nutrisi yang cukup dan beragam. Jangan lupa untuk membiasakan bayi Anda makan bubur saring dibuat oleh bahan makanan sehari-hari ketimbang pemberian bubur susu yang instan. Jadikan acuan sederhana berat badan ideal bayi sebagai patokan Anda dalam menambah berat badan bayi Anda.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*