X
    Categories: MPASI

Ini Jenis MPASI yang Bernutrisi dan Bergizi Tinggi untuk Bayi

Memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada usia yang tepat merupakan salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Pemenuhan gizi melalui MPASI yang bernutrisi dan bergizi tinggi dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Pasalnya, pada usia enam bulan, bayi tidak hanya membutuhkan ASI tapi juga membutuhkan makanan tambahan lain. Meski makanan padat mulai diberikan, ASI harus tetap diberikan hingga bayi minimal berusia dua tahun.

Saat mengenalkan makanan padat pada bayi, sebaiknya anda mengenali tekstur dan rasanya sebelum memberikannya pada bayi. Saat pertama kali berkenalan dengan MPASI, mungkin bayi akan bereaksi macam-macam. Beberapa bayi mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk beradaptasi.

Dalam mengenalkan MPASI, usahakan mengenalkan dengan berbagai cara salah satunya dengan memperbanyak variasi sayur, buah, protein, karbohidrat dan lemak sehat.

Ini Jenis MPASI yang Bernutrisi dan Bergizi Tinggi untuk Bayi

Untuk membantu anda dalam menyajikan makanan pendamping ASI maka anda dapat mengikuti panduan makanan padat yang bergizi untuk bayi berikut ini :

  1. Alpukat

Tekstur alpukat yang lembut dapat membantu bayi anda dalam mengenal buah yang memiliki nilai gizi ini. Anda dapat menghancurkan daging alpukat dengan menggunakan blender atau sendok hingga tekturnya lebih mudah diterima bayi anda. Kandungan vitamin A dan C, magnesium, niasin, zat besi akan menambah nilai gizi pada bayi anda .

  1.  Kentang

Sayuran yang mengandung karbohidrat dan seringkali menjadi pengganti nasi. Anda dapat memasak kenyang dengan menggunakan microwave kemudiaan potong dan lembutkan. Kandungan gizi yang terdapat di dalam kentang yaitu vitamin A, zat besi, protein dan potassium sesuai dengan kebutuhan gizi bayi anda.

  1.  Pisang

Pilihan buah yang dapat anda kenalkan adalah buah pisang yang dapat dengan mudah dilumatkan. Pilihlah jenis pisang yang manis dan teksturnya lembut yaitu pisang yang sudah matang sempurna. Di dalam buah pisang terdapat kandungan asam folat, potassium, selenium dan biotin yang dibutuhkan bayi.

  1.  Brokoli

Sayuran yang dapat anda perkenalkan pada bayi anda yaitu brokoli. Kandungan brokoli dapat memenuhi gizi serat, folat dan kalsium. Selain itu mengenali sayuran pada bayi yang baru saja diberikan makanan pendamping ASI lebih baik karena sayuran memiliki rasa yang tawar sehingga bayi yang sudah terbiasa mendapatkan sayuran akan lebih mudah menerima buah, ketimbang bayi yang diperkenalkan buah terlebih dahulu.

  1.  Yogurt

Taukah anda bahwa yogurt dapat diperkenalkan pada bayi, tentu saja dengan porsi yang sesuai. Yogurt yang memiliki kandunga lemak, kerbihidrat dan protein dan tekstur yang lembut akan menambah nilai gizi pada bayi anda. Anda dapat memilih yogurt yang tawar dan rendah gula. Untuk menambahkan rasa anda dapat mencampurkan yogurt dengan tambahan buah-buahan yang alami.

  1.  Tahu

Tekstur lembut dari tahu dapat menjadi alternatif untuk mengenalkan makanan pada bayi anda. Tahu memiliki rasa yang tawar dan memiliki nilai gizi dari kacang kedelai yang mencukupi kebutuhan bayi anda. Tahu dapat menyerap rasa sehingga anda dapat membuatnya dengan berbagai variasi menu bagi bayi anda. Selain itu kandungan protein, zat besi dan kalsium di dalam tahu dapat membantu mendukung kecukupan gizi bayi anda.