informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Ini Mainan Bayi untuk Usia 6-9 Bulan

Jadilah orang tua yang senantiasa mengetahui tumbuh kembang bayi anda. Pada usia 6-9 biasanya bayi anda sudah pandai merangkak. Anda perlu mendukung tumbuh kembang bayi anda dengan stimulasi dan mainan bayi yang tepat. Banyak orang tua bertanya-tanya, mainan bayi apa saja yang tepat untuk usia 6-9? Mari kita simak ulasannya;

1. Soft teether/rattle

Umumnya mainan ini aman digunakan Bahannya terdiri atas plastik, kain dan karet yang lembut. Sangat baik untuk merangsang keluarnya gigi bayi. Selain lembut dan aman, mainan ini menarik bagi bayi karena berbunyi jika diguncangkan.

2. Mainan Pencet

Mainan ini berbunyi jika dipencet. Bahannya ada yang terbuat dari plastik, kain maupun karet. Jenisnya pun beragam. Bisa menjadi teman bermain bayi kala mandi maupun ditemppat tidur. Agar bayi semakin mahir menggunakan motoriknyaa, cobalah mengajarinya mentransfer mainan dari tangan satu ketangan yang lainnya. Dengan begitu kita akan meningkatkab sirkuit neural di otak. Permainan ini selain membantu ketrampilan motorik sikecil juga membantu koordinasi tangan dan mata.

3. Mainan Lampu

Beri senter mainan atau mainan  lain yang memancarkan cahata warna-warni. Cobalah menyalakan mainan itu kesegala arah. Amati saat matanya mengikuti gerak gerik sinar. Selain mengasah kemampuan visual bayi, scara tidak langsung anda juga mengenalkan jenis warna pada bayi.

4. Putar Musik

Mainan ini bisa berupa boneka binatang, orang, tokoh kartun, dan lain-lain. Jika diputar mengeluarkan bunyi dan musik. Cara memainkannya, cobalah untuk menyembunyikan mainan itu dari hadapan anak. Selanjutnya, putarlah hingga alunan musik terdengar. Seterusnya, dan tanyalah sikecil “dimana suara itu berasal?” setelah sekecil menoleh ke arah suara, berilah pujian. Mainan musik ini meningkatkan pendengaran bayi dan membantu merangkaikan koneksi syaraf-syaraf diotaknya.

5. Boneka Tangan

Bayi suka mengamati boneka. Itulah mengapa boneka tangan menjadi pilihan mainan untuk bayi. Pilihlah boneka tangan yang disukai anak. Beragam permainan bisa dilakukan dengan boneka tangan. Contoh, permainan petak umpet. Sembunyikan boneka tersebut dibalik punggung atau bantal, lalu keluarkan saat sikecil mencarinya. Sembunyikan diitempat lain. Begitu seterusnya. Anda juga bisa berkomunikasi dengan sikecil lewat boneka tersebut. Permainan ini tak hanya mengasah kognisi bayi tapi juga keahlian berbahasanya.

Nah, demikian mainan bayi ang tepat untuk usia 6-9 bulan. Sebagai catatan, anda juga harus berhati hati dalam memilih mainan. Jangan sampai mainan bayi yang anda pilih mengandung senyawa berbahaya yang dapat mengancam kesehatn bayi. Baca juga (4 Bahan Kimia Berbahaya dalam Peralatan Bayi)

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*