informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Ini Peran Penting Ayah Sesaat Bayi Lahir Kedunia

Sesaat setelah bayi lahir, ayah dan ibu merupakan orang yang paling berbahagia. Anak adalah harta yang tiada bandingnya. Bersama mereka, sebagai orang tua kita belajar banyak hal tentang kehidupan. Terlebih bagi kedua orang tua yang baru pertama kali menimang momongan, banyak hal baru yang harus dipahami dan dimengerti. Kewajiban-kewajiban sebagai orang tua turut menyertai tepat saat bayi terlahir.

Ayah dan Bayi Saling Berpelukan Menjadikan Anak Cerdas/CC0/PublicDomainPictures
Ayah dan Bayi Saling Berpelukan Menjadikan Anak Cerdas/CC0/PublicDomainPictures

Kehadiran ayah ketika proses persalinan akan berlangsung sangatlah penting. Selain sebagai penyemangat dan mental booster bagi ibu, kehadiran ayah juga diperlukan untuk melakukan beberapa hal, diantaranya:

  1. Menjelang Persalinan

Untuk mempermudah dan memperlancar persalinan, ada banyak hal yang perlu disiapkan, utamanya mental ibu. Banyak berdzikir dan berdoa dapat membantu menguatkan mental ibu dan mendekatkan pertolongan Allah SWT. Berikut doa untuk mempermudah dan memperlancar persalinan;

doa persalinan/zonamama.com
doa persalinan/zonamama.com

“Hannaa Waladat Maryama Wa Maryama Waladat ‘Iisaa Ukhruj Ayyuhal Mauluudu Biqudrotil Malikil Ma’buudi“.

Artinya : “ Hana melahirkan Maryam, sedangkan Maryam telah melahirkan ‘Isa. Keluarlah (lahirlah) hai anak dengan sebab kekuasaan Raja (Allah) yang disembah“.

Doa dibaca ketika ibu telah merasakan kontraksi atau tanda-tanda melahirkan lainnya. Baca sebanyak tiga kali dalam satu tarikan nafas. Ulangi sampai tujuh kali. Jadi doa ini dibaca total 21 kali. Yakinlah bahwa persalinan akan berjalan lancar dan jabang bayi segera lahir.

  1. Adzan dan Iqomat Saat Bayi Yang Baru Lahir

adzan/istimewa
adzan/istimewa

Bayi terlahir dalam keadaan fitrah atau suci. Kehadirannya kali pertama kedunia harus dikenalkan dengan Allah SWT melalui adzan dan iqomah. Mengadzani bayi baru lahir hukumnya sunnah. Menurut sunnah Nabi Muhammad, caranya, adzani bayi pada telinga kadan dan iqomati pada telinga kiri. Adzan dan iqomah diperdegarkan tak lain agar yang didengar oleh bayi kali pertama adalah takbir, shahadat tauhid dan shahadat rasul. Tujuannya agar tidak digoda iblis atau setan yang bernama Ummi Sibyan. Setan yang mendengar adzan akan langsung pergi meninggalkan bayi.

Syarat memberikan adzan bagi bayi yang baru lahir adalah laki-laki muslim, diutamakan ayah bayi. Jika tidak ada laki-laki, adzan boleh dilakukan oleh wanita muslim.

  1. Doa Bayi Lahir

memanjatkan doa/istimewa
memanjatkan doa/istimewa

Mendoakan bayi yang baru lahir sangat penting karena banyak manfaat dari doa. Doa dapat menjadi kekuatanbagi umat Islam. Berikut runtutan doa yang bisa dilakukan untuk mendoakan sikecil yang baru lahir;

  • Al-fatehah
  • Mendoakan semoga agar bayi diberkahi hidup dan matinya
  • Mohonkan perlindungan bagi bayi dari godaan setan dan iblis yang terkutuk

Selengkapnya, baca juga kumpulan doa-doa untuk bayi yang baru lahir bisa dibaca disini;

Kumpulan Doa Bayi Agar Tumbuh Cerdas dan Sholeh

  1. Mengubur ari-ari

Ari-ari merupakan plasenta yang berperan penting bagi kehidupan bayi ketika didalam rahim. Fungsinya mengirim gizi, nutrisi dan oksigen kepada bayi melalui darah ibu.

Mengubur Ari - Ari Bayi

Cara menanam Ari-Ari

Cara memendam ari-ari adalah, pertama-tama cuci ari-ari hingga bersih dan suci. Bungkus dengan kain mori dan masukkan kedalam kendil atau wadah yang tertutup. Kubur dalam tanah sambil membaca Shalawat, Shahadat, dan surat Al-fateha. Penguburan dan pembacaan doa dapat dilakukan oleh ayah. Selengkapnya mengenai ari-ari dapat dibaca disini.

  1. Memotong rambut bayi

Cukur Rambut Bayi/zonamama.com
Cukur Rambut Bayi/zonamama.com

Memotong rambut bayi merupakan sunnah nabi Muhammad. Pemotongan rambut dapat dilakukan sekitar 7 hari setelah bayi lahir. Dalam sebuah hadist diriwayatkan;

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ, اَللهُمَّ نُوْرُالسَّمَوَاتِ وَنُوْالشَّمْسِ وَاْلقَمَرِ,اَللهُمَّ سِرُّاللهِ, نُوْالنُّبُوَّةِ رَسوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Dan di sunahkan Shadaqah Emas atau perak sebesar menurut berat bobot rambut itu, sesuai dengan sabda Nabi Muhammad saw yang artinya : Rasulullah bersabda kepada putrinya syayidatina Fatimah ra. Supaya menimbang rambutnya syayidina Husain, dan memerintahkan supaya shadaqah sesuai dengan bobot timbangan rambut tersebut. (kitab I’anathalibin juz 2 Shahifah 338).

  1. Aqiqah

Aqiqah untuk bayi yang baru lahir menurut hukum Islam adalah sunnah muakkad. Bagi bayi laki-laki, aqiqah disembelihkan 2 ekor kambing dengan usia yang sama. Sedang untuk perempuan cukup satu kambing.

Waktu pelaksanaan aqiqah dapat dilakukan dalam beberapa pilihan, diantaranya pada hari ke 7, hari ke 14, hari ke 21 setelah kelahiran atau kapanpun ketika orang tua mampu.

Dalam rangkaian acara aqiqah, terdapat beberapa hal yang sebaiknya dilakukan;

  • Memberi nama anak yang baik
  • Memotong rambut
  • Bersedekah sesuai dengan berat timbangan rambut

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*