informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Jangan Bermain Gadget Saat Menyusui, Ini 9 Alasannya!

Mama pasti pernah mengalami, sikecil menyusu selama 1-2 jam. Pasti jenuh dan melelahkan ya ma, menyusui selama itu. Apalagi saat menyusu sikecil tidak mau dilepas, masih ingin terus menyusu. Rasa capek dan pegal menjalar diseluruh tubuh.

Apa sih yang mama lakukan untuk mengusir kejenuhan saat menyusui? Beberapa mama memilih bermain smartphone/gadget saat menyusui. Apakah tindakan itu benar, ma?

Menyusui sambil bermain gadget
Menyusui sambil bermain gadget

Jika ya, sebaiknya segera hentikan bermain gadget saat menyusui. Gadget berpengaruh buruk pada anak-anak apalagi bayi. Berikut adalah beberapa alasan kenapa ibu tidak boleh bermain gadget saat menyusui;

  1. Bahaya Gadget pada Bayi

Gadget dapat memancarkan radiasi elektromagnetik yang dapat mengakibatkan perkembangan kognitif anak lebih lambat. Radiasi ini juga dapat mengganggu perkembangan bayi lainnya.

  1. Stimulasi Bayi

Berkomunikasi dengan bayi merupakan salah satu stimulasi yang penting bagi pertumbuhan bayi. Saat menyusui, jangan bermain smartphone. Ajak bayi anda berkomunikasi. Komunikasi sebagai bentuk stimulasi tidak harus berbetuk suara. Anda bisa mengajak bicara bayi, menyentuhnya atau sekedar memberikan senyuman. Hal – hal tersebut dapat menjadi bonding yang kuat untuk meningkatkan ikatan antara ibu dan anak.

  1. Kenyamanan

Bayi dan ibu akan merasa nyaman dan tenang jika dapat menyusui tanpa gangguan smartphone. Ibu yang fokus menyusui saja akan membuat bayi merasa lebih rileks sehingga dapat menyusu lebih optimal.

  1. Resiko Puting Lecet

Banyak kasus puting lecet pada ibu menyusui. Ternyata, beberapa ibu bermain smartphone ketika menyusui. Ibu yang tidak fokus kemungkinan besar tidak memperhatikan pelekatan yang tepat. Akibatnya, bayi punya kesempatan untuk menggigit puting ibu. Menggigit puting juga merupakan tindakan bayi agar ibu memperhatikan bayi. Pasalnya, saat bermain smartphone bayi diacuhkan ibu.

  1. Kontak Mata

Saat menyusui, biasanya bayi akan menatap ke arah mata ibu. Pada saat itulah terjadi kontak mata antara ibu dan anak. Saat – saat seperti ini merupakan saat yang paling tepat untuk berkomunikasi dengan bayi. Ibu bisa menyampaikan semua pengharapan dan doa ibu pada bayi, agar ia tumbuh sehat, cerdas, sholeh/sholehah dll.

Saat terjadi kontak mata, jika ibu malah sibuk bermain gadget tentu akan menyakitkan bagi bayi. Bayangkan jika ibu mengajak ayah ngobrol, tapi ayah malah sibuk nonton Piala Dunia, tentu menyakitkan bukan?

  1. Mengurangi Produksi ASI

Produksi ASI sangat tergantung pada isapan bayi yang dapat meningkatkan hormon proaktin, salah satu hormon yang dapat menghasilkan ASI. Maka, fokuslah menyusui agar bayi bisa melakukan pelekatan yang tepat.

  1. Kehilangan Tanda

Tetap fokus saat menyusui juga dapat membantu anda mengetahui apakah bayi sudah selesai menyusu atau belum. Anda akan mudah memahami apakah bayi sudah kenyang atau belum.

  1. Menganggu ASI eksklusif

Menyusui sambil bermain gadget akan selalu mengganggu pikiran anda. Pikiran anda akan terbelah sehingga proses menyusui tidak lagi menjadi proses yang menyenangkan. Tetap lah nikmati proses menyusui sampai 2 tahun agar program menyusui 2 tahun bisa berjalan lancar.

  1. Anda adalah dunia anak anda

Saat anda menyusui, mungkin pikiran anda bisa terbelah kemana-mana. Apalagi jika anda bermain gadget, anda akan fokus kepada gadget.

Padahal, bagi anak anda, anda adalah dunia mereka, anda adalah segalanya. Biarkan anak anda menikmati kebersamaan dengan anda. Jangan mengalihkan dunia anda saat anak anda membutuhkan anda.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*