informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Kapan Bayi Pakai Sabun Biasa?

Mungkin anda bertanya-tanya, kapan bayi pakai sabun biasa? Ya. Biasanya bayi menggunakan sabun bayi khusus yang memang dirancang menyesuaikan kulit bayi. Kulit bayi yang sensitif dan sangat lembut tentu tidak boleh menggunakan sabun biasa layaknya orang dewasa.

Sabun bayi dirancang untuk bayi yang berusia 0-5 tahun. Anda bisa menggunakan sabun bayi sampai ia berusia lima tahun. Tetapi pilihan tetap ada ditangan anda. Produk yang dirancang untuk bayi didasarkan pada peneletian tentang kulit mereka. Sabun bayi cenderung lebih lembut, tidak membuat iritasi kulit dan tidak menyerap kedalam pori-pori kulit bayi.

Selanjutnya anda bisa menggunakan sabun yang khusus dirancang untuk anak-anak. Sabun anak-anak diciptakan untuk mereka yang berusia 5-13 tahun dimana mereka dalam masa yang sangat aktif. Kulit mereka masih terbilang sensitif, tetapi keaktifan mereka juga menghasilkan keringat yang lumayan berbau.

Sedangkan sabun dewasa diciptakan untuk menghilangkan bau badan yang berminyak. Padahal bayi tidak memiliki masalah dengan bau badan sehinga tidak perlu menggunakan sabun biasa.

 Ada kalanya memandikan bayi tanpa sabun. Jika mereka mandi sehari dua kali, maka dipagi hari anda bisa memandikan mereka tanpa sabun sampai ia berusia satu tahun. Mandi dengan sabun terlalu sering dapat membuat kulit bayi lebih kering terutama saat musim dingin. Berendam dalam bak air berbusa juga dapat membuat kulit mereka mengalami iritasi uretra dan resiko infeksi saluran kemih, terutama pada anak perempuan.

Jika bayi anda mengalami bercak merah, kering, kulit bersisik terutama pada wajah, siku dan lutut sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Beberapa anak sangat sensitif terhadap lotion dan sabun.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*