informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Bulan ramadhan selalu mengingatkan kita pada buah kurma. Kurma dalam bahasa Arab disebut Tamr merupakan jenis tanaman palma dalam genus Phoenix.  Manfaat kurma sangat penting untuk tubuh manusia. Terlebih untuk ibu hamil dan menyusui yang membutuhkan asupan gizi lebih untuk janin atau anak-anaknya. Kurma memiliki kandungan vitamin yang sangat kaya sehingga mampu memenuhi kebutuhan ibu hamil dan menyusui.

Berikut beberapa manfaat kurma;

  1. Melindungi Tubuh dari racun

Dikutip dari laman hidayatullah.com, Rasulullah Salallahu ‘alahi wassalam pernah bersabda; “Barang siapa yang memakan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”.

Fakta tersebut dibuktikan dengan beberapa peristiwa. Beberapa orang Yahudi mencoba untuk membunuh Rasullullah dengan meracuni beliau saat perang Khaibar. Beliau menelan racun tersebut namun racun tersebut dapat dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Sahabat Rasulullah, Bisyir Ibnu al-Barra’ yang turut mengkonsumsi racun tersebut tewas karena tidak mengkonsumsi kurma.

  1. Sebagai sumber protein

Saat sahur, sebaiknya anda mengkonsumsi protein lebih banyak agar anda memiliki cadangan energi yng cukup. Kurma merupakan salah satu sumber protein yang sangat kaya. Kandungan protein pada 100 gram kurma bisa mencapai 1,4 – 1,7 gram protein. Nah, kandungan ini sangat penting apalagi untuk ibu hamil dan menyusui yang menjalankan ibadah puasa.

  1. Multivitamin paling lengkap

Kurma mengandung pro vitamin A (beta karoten) yang sangat penting. 200 gram kurma bisa mengandung 89 mikro gram Vitamin A. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan mata. Selain itu kurma juga mengandung vitamin B komlpeks, vitamin C dan vitamin K.

  1. Memperlancar proses persalinan

Menjelang persalinan, ibu hamil membutuhkan banyak makanan dan minuman yang kaya akan unsur gula. Pasalnya, banyak kontraksi otot rahim yang terjadi untuk melahirkan bayi. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolennya, yakni kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi.

  1. Memperlancar produksi ASI

Hormon yang terkandung dalam kurma dapat menghambat aktivitas hormon kelenjar gondok atau glandula thyreoidea. Kurma juga mengandung hormon yang dapat membangkitkan kelenjar susu sehingga memperlancar produksi ASI.

  1. Sumber energi

Kandungan glukosa dalam kurma yang sangat banyak sangat berguna untuk tubuh. Glukosadapat menjadi suber energi tubuh sehingga ibu hamil dan menyusui tidak kekurangan energi dalam aktivitasnya. Konsumsi kurma ketika berpuasa dapat membantu ibu hamil dan menyusui dalam menjalankan ibadah puasa. Anda tidak akan lemas karena kebutuhan energi terpenuhi.

  1. Mencerdaskan otak bayi

Kurma memiliki kandungan kalium yang dapat merangsang pertumbuhan syaraf. Pertumbuhan syaraf yang maksimal dapat meningkatkan kecerdasan otak dan mempertajam daya ingat. Tentu anak atau janin sagat membutuhkan ini karena mereka masih dalam masa tumbuh. Janin akan tumbuh menjadi anak yang cerdas kelak.

  1. Mendukung pertumbuhan tulang

Janin dan anak-anak yang masih dalam masa tumbuh membutuhkan banyak suplemen untuk tumbuh kembang tulangnya. Tulang yang kuat dapat sangat penting untuk mereka. Bayi yang masih memiliki tulang rapuh dapat menjadi kuat jika mengkonsumsi kurma. Ibu menyusui bisa mengkonsumsi kurma agar bayinya bisa merasakan sari-sari kurma melalui ASI. Jika anak anda sudah mendapat MPASI, tidak ada salahnya memberikan sari kurma.

  1. Membantu pertumbuhan gigi

Sepeti halnya dengan tulang, kurma juga dapat membantu pertumbuhan gigi secara maksimal. kalsium yang tedapat pada kurma sangat penting untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat yang paling bisa dirasakan oleh ibu hamil yakni dapat menjaga kesehatan pencernaan. Beberapa wanita hamil seringkali mengeluhkan gangguan sistem pencernaan. Maka dengan mengkonsumsi kurma, keluhan tersebut dapat sedikit berkurang.

Nah, demikian beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui. Semoga bermanfaat.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*