informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Pahami Cara Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

Setiap wanita pasti bermimpi menjadi seorang ibu yang sempurna. Ibu yang melahirkan, menyusui dan mengasuh anak – anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas, sehat dan aktif. Namun, melahirkan acapkali menjadi momok yang menyeramkan karena berkaitan dengan rasa sakit, pengorbanan dan perjuangan yang luar biasa. Ibu yang baru akan memiliki anak pertama biasanya membayangkan betapa sulitnya melewati proses persalinan normal. Bahkan, ibu yang telah beberapa kali melahirkan pun masih belum mampu melupakan trauma persalinan. Tapi, perkembangan teknologi mulai memungkinkan agar dapat melahirkan tanpa rasa sakit.

melahirkan - telegraph.co.uk
melahirkan – telegraph.co.uk

Cara melahirkan tanpa rasa sakit dengan tindakan medis seperti operasi caesar, water birth atau vacum. Sayangnya, proses melahirkan caesar dan vacum tidak disarankan jika ibu masih kuat dan sanggup melahirkan normal. Bagi ibu yang tetap ingin melahirkan normal, berikut beberapa tips agar tetap dapat melahirkan tanpa rasa sakit;

1. Banyak Pengetahuan

Banyak banyaklah membaca buku dan artikel yang membahas tips kehamilan dan persalinan. Pengetahuan yang luas mengenai kondisi anda dapat membuat anda tenang dan percaya diri menghadapi masa kehamilan dan proses persalinan.

2. Makan Makanan Bergizi

Konsumsi makanan yang bergizi sepanjang masa kehamilan. Jangan lupa vitamin, kalsium dan penambah darah. Makanan bergizi dan suplemen dapat membuat tubuh ibu hamil sehat dan mengurangi keluhan pada masa kehamilan, persiapan dan proses persalinan. Tubuh yang sehat dapat sedikit mengurangi resiko yang muncul saat persalinan.

3. Rajin Periksa Kehamilan

Rajin – rajinlah memeriksakan kondisi kendungan ke dokter atau bidan. Kondisi kehamilan setiap wanita berbeda. Dengan pemeriksaan rutin, setiap keluhan dan kelainan yang mungkin terjadi dapat segera diatasi.

4. Senam Hamil

Relaksasi Ibu Hamil/CC0/Tawny Nina
Relaksasi Ibu Hamil/CC0/Tawny Nina

Lakukan senam hamil atau yoga kehamilan. Senam hamil bertujuan agar wanita hamil tetap sehat dan otot – ototnya terlatih menghadapi persalinan. Latihan senam juga dapat melatih pernafasan agar membantu waktu persalinan dan mengejan. Kegiatan sederhana lainnya juga dapat dilakukan seperti mengepel dengan tangan atau jongkok.

5. Pijat Punggung

Mintalah seseorang atau suami untuk memijat punggung hingga pinggang dengan perlahan.

6. Pilih Persalinan di Tempat Nyaman

Sebaiknya melahirkan ditempat yang telah anda percaya sehingga memberikan sugesti yang baik pada diri sendiri. Kenyamanan akan membuat anda lebih tenang dap percaya diri menghadapi proses persalinan.

7. Alihkan Perhatian

Sebisa mungkin alihkan perhatian anda pada hal lain selain rasa sakit. Lakukan kegiatan yang membuat anda senang, misalnya mendengarkan musik, membaca buku, berhitung mundur atau mengerjakan perkerjaan rumah.

8. Pilih Posisi Nyaman Saat Melahirkan

Minta pada tenaga kesehatan untuk membantu proses persalinan agar dapat memberikan ijin untuk mengejan dalam posisi yang menurut anda paling nyaman. Posisi mengejan misalnya duduk, berbaring, merangkak atau jongkok. Mengejanlah saat anda benar – benar ingin mengejan.

9. Doa

Perbanyak berdoa. Pasrahkan semua pada Tuhan. Percaya bahwa semua akan baik – baik saja.

Baca  juga :

Doa Agar Melahirkan dengan Lancar

Kumpulan Doa Bayi Agar Tumbuh Cerdas dan Sholeh

Ayat Suci Al-Quran untuk Ibu Hamil (Lengkap)

Daftar Perlengkapan Melahirkan dan Estimasi Harganya

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*