informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Penyebab dan Mengobati Lidah Putih Pada Bayi

Lidah putih pada bayi biasanya disebabkan karena bayi memiliki milky coating, yakni sisa-sisa susu yang membentuk lapisan putih pada permukaan lidah. Milky coating biasa ditemukan pada bayi yang hanya mengkonsumsi susu. Hal ini normal – normal saja. Anda tidak perlu khawatir karena lidah putih pada bayi bukanlah jamur. Lapisan putih pada lidah bayi akan menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Pada saat ia sudah mendapat MPASI, lidah bayi tidak akan putih lagi.

Anda hanya perlu waspada jika bercak putih tidak hanya terdapat pada lidah, tetapi menyebar. Bisa jadi bayi mengalami infeksi jamur. Trush atau infeksi jamur pada mulut terjadi karena bercak putih menebal seperti bulu – bulu halus berbentuk plak. Bercak putih ini menyebar ke selaput mukosa pipi dan ronggaulut bayi. Lapisan ini sulit untuk dihapus sehingga membutuhkan penanganan dari tenaga medis.

baca juga:

5 perawatan bayi yang harus di lakukan ibu baru

Cara cermat memandikan bayi baru lahir

Oral trush merupakan infeksi jamur dipermukaan tubuh yang diakibatkan oleh Candida albicans. Oral trush bukanlah penyakit menular sehingga bayi yang mengalami oral trush masih boleh bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Jika bayi anda rewel dan mengalami gangguan dalam menyusu, segera periksakan ke dokter. Berikut adalah tanda – tanda bayi terinfeksi jamur;

  • Perilaku menyusu mulai berubah, suka melepas puting ibu, malas menyusu dll
  • Bayi berubah lebih rewel dan mengalami kembung
  • Bayi menolak menyusu
  • Bayi jadi lebih sering menyusu dari biasanya
  • Bercak-bercak putih di rongga mulut yang sulit dibersihkan
  • Berat badan bayi lambat naik
  • Ruam popok

Bayi yang menolak menyusu dapat mengalami dehidrasi, jadi saat bayi menolak atau kesulitan menyusu segera konsultasikan dengan tenaga medis. Dokter mungkin akan memberikan resep anti jamur. Obat anti jamur juga dapat dioleskan pada puting ibu sehingga ibu dapat memberikan obat anti jamur tanpa memaksa bayi.

Beberapa orang percaya bahwa jamur dapat hilang dengan air putih, benarkah demikian? Tidak. Jamur tidak dapat hilang atau dicegah dengan air putih. Air putih tidak menghilangkan milky coating. Air putih justru dapat merusak status ASI eksklusif dan memperberat kerja ginjal bayi.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*