Info Pendidikan Indonesia>

10 Manfaat Yogurt untuk Balita Anda



manfaat yogurt untuk balita
manfaat yogurt untuk balita

Manfaat yogurt sangat baik untuk kesehatan manusia, termasuk bagi balita. Yogurt merupakan susu yang telah difermentasi bakteri. Yogurt diproduksi dengan memasukkan bakteri kedalam susu dengan temperatur yang terkontrol. Bakteri tersebut merubah gula susu alamai dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisi. Tingkat keasamaan ini membuat protein susu menjadi lebih padat. Kandungan dalam yogurt terdapat banyak protein, vitamin B dan mineral yang sangat penting. Selain itu, yogurt juga mengandung lemak setara dengan susu.

100 gram yoghurt mengandung energi 55 kkal, protein 3,3 gram, lemak 2,5 gram, karbohidrat 4 gram, kalsium 120 mg, fosfor 90 mg, natrium 40 mg dan kalium 299 mg. Kandungan protein dalam yogurt sangat penting dalam proses pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh anak.

Usia berapa anak-anak boleh mengkonsumsi yogurt?

Yogurt boleh dikonsumsi oleh bayi sejak berumur 7 bulan dimana ia sudah lulus ASI eksklusif 6 bulan. Organ pencernaan bayi pada usia 7 bulan sudah berfungsi dengan baik sehingga sudah boleh dikenalkan dengan yogurt. Tapi, ada yang harus anda perhatikan. Yogurt untuk bayi bukan sembarang yogurt. Yogurt yang boleh diberikan untuk bayi adalah yogurt yang mengandung Bifidobacterium sp. Yang menghasilkan asam laktat tipe LL (+). Sedangkan asam laktat tipe D (-) yang mengalami metabolisme lebih lambat belum boleh diberikan kepad bayi. Jika bayi sudah berusia satu tahun, maka ia sudah boleh mengkonsumsi semua jenis yogurt.

Bagaimana cara mengenalkan yogurt pada bayi?

Pada tahap pengenalan usia 7 bulan, berikan satu sendok makan per hari. Anda bisa memberikan yogurt pada bayi dengan mencampurkannya dengan makanan pendamping lain seperti buah atau biskuit.

Jika tidak terjadi reaksi alergi seperti diare, muntah atau sembelit, teruskan pemberian yogurt. Akan tetapi, jika bayi mengalami reaksi alergi, hentikan pemberian dan coba kembali selang satu bulan.

Frekuensi pemberian yogurt pada bayi

Berikan yogurt kepada bayi dengan frekuensi bertahap sesuai dengan usia bayi. Awal pemberian bisa diberikan 1 sdm dalam sehari. Usia 10-12 bulan boleh diberi 100 ml perhari. Anda bisa mencampurkan yogurt dengan makanan lain. Pilihlah yogurt yang tawar (plain) tanpa tambahan rasa dan warna. Yogurt plain diproduksi dari susu segar murni yang berkadar lemak tinggi.

Manfaat Yougurt untuk bayi

Manfaat yogurt sangatlah penting untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Berikut diantaranya;

1. Menjaga keseimbangan saluran cerna

Kalsium dan fosfor yang kaya didalam yogurt dapat menjadi sumber gizi yang penting untuk menseimbangan cairan tubuh. Yogurt mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus yang dapat menghambat pertumbuhan kuman dan bakteri patogen sehingga saluran cerna anak dapat terjaga. Jika sikecil sudah terbiasa mengkonsumsi 200cc yogurt, maka kuman-kuman penyebab berbagai penyakit seperti tipus dan mutaber tidak bisa tumbuh.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh anak

Pertumbuhan kuman dan bakteri patogen yang dihambat yogurt dapat mengurangi penyebab penyakit infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh anak.

3. Sumber protein & kalsium

Protein sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. Protein dapat membetuk sel-sel baru yang dapat meunjang proses tumbuh kembang organ tubuh dan otak. Dalam sehari, bayi berusia 6-24 bulan membutuhkan 20 gram protein.

Kebutuhan kalsium bayi dan balita tergantung pada usia. Bayi yang berusia 0-5 bulan membutuhkan kalsium sebesar 400 mg perhari. Kebutuhan kalsium ini dapat dipenuhi dari ASI. Bayi berusia 6 bulan – 1 tahun membutuhkan 600 mg kalsium tiap harinya. Sedangkan usia 1-5 tahun membutuhkan 800 mg setiap harinya.

Yogurt yang dikonsumsi setiap hari dapat mencukupi 15% kebutuhan kalsium dan protein setiap harinya.

4. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan penurunan kualitas jaringan tulang yang berakibat pengeroposan tulang. Penyebab utama osteoporosis adalah kurangnya kalsium. Yogurt dapat mencegah osteoporosis karena dapat memeuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh.

5. Bayi yang mengalami intoleransi laktosa mengkonsumsi yogurt

Intoleransi laktosa merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu mencerna laktosa yang terdapat pada susu dan produk turunannya. Intoleransi laktosa terjadi karena tubuh tidak dapat menghasilkan enzim laktase yang cukup. Tanpa enzim tersebut, laktosa tidak dapat dicerna dan terjadilah gangguan pada pencernaan. Gejala intoleransi laktosa yang sering terjadi adalah sakit perut, kembung, mulas, muntah dan diare.

Laktosa pada yogurt telah dipecah menjadi sangat sederhana, yakni glukosa dan galaktosa sehingga aman untuk usus. Kekurangan kalsium akibat tidak mengkonsumsi susu dapat digantikan dengan mengkonsumsi yogurt.

6. Meningkatkan jumlah bakteri baik di usus.

Bakteri baik atau biasa disebut probiotik sangat penting bagi kesehatan tubuh. Bakteri baik dapat menjaga kesehatan usus dan tubuh tetap prima. Banyak yang percaya, bakteri baik bisa membuat manusia lebih panjang umur.

7. Yoghurt dapat mengurangi efek racun

Yogurt mampu membersihkan tubuh dari endapan racun sisa metabolisme tubuh.

8. Kaya vitamin

Yogurt mengandung B1,B2,B3,B6,asam folat,asam pantotenat dan biotin yang memiliki peran penting dalam kesehatan reproduksi dan kekebalan tubuh.

9. Mudah dicerna tubuh

Lebih dari 90% yogurt dapat dicerna tubuh dalam waktu 1 jam setelah dikonsumsi. Sementara produk susu baru dapat dicerna setelah 30% nya.

10. Menurunkan kadar kolestrol

Manfaat yogurt yang terakhir adalah yogurt mengandung bakteri hidup yang terus beraktivitas. Menurut para ahli, bakteri ini dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

Masih banyak manfaat yogurt lain yang bisa dirasakan. Jadi, tidak ada salahnya memberikan yogurt untuk sikecil. Berikut resep yogurt yang bisa dicoba untuk buah hati anda;

Resep Puding Yogurt Advokad

Bahan:
½ bungkus agar-agar putih.
50 gram yoghurt tawar.
20 gram avokad, potong dadu kecil.
100 ml air.

Saus:
100 ml susu.
50 ml jus jeruk.
½ sendok teh tepung maizena, cairkan.

Cara membuat:

  1. Campurkan agar-agar dengan air. Masak hingga mendidih. Angkat. Masukkan yogurt. Aduk rata.
  2. Sisihkan 1/3 adonan. Campur dengan advokad. Aduk sampai rata.
  3. Tuang adonan agar-agar advokad dalam cetakan terlebih dahulu. Tunggu sebentar. Tuang sisa adonan.
  4. Ditempat terpisah, masak saus. Caranya; masak jus jeruk, susu dan tepung maizena hingga kental.
  5. Sajikan puding dengan saus.

Nilai Gizi (per porsi):
Energi: 94.5 Kkal
Protein: 3 gram
Lemak: 4.4 gram
Karbohidrat: 11 gram



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*