informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

8 Cara Melatih Kecerdasan Otak Anak

Kecerdasan otak anak meliputi banyak hal. Kecerdasan ini disebut dengan kecerdasan multiple (multiple intelegensia), yakni berbagai jenis kecerdasan yang dapat dikembangkan pada anak, antara lain linguistik verbal (kemampuan menguraikan fikiran dalam kalimat, presentasi, pidato, diskusi dan tulisan), logis matematis (kemampuan menggunakan logika matematika dalam memecahkan masalah), spasial visual (kemampuan berfikir 3 dimensi), kinestetik ragawi (kemampuan gerak, menari dan olahraga), musical, intrapersonal, interpersonal, naturalis dan spiritualis. Kecerdasan ini dapat dilatih dengan pendampingan dari orang tua. Nah, bagaimana melatih kecerdasan otak anak? Berikut ulsannya;

  1. Melatih kecerdasan logis matematis dengan mengelompokkan, menyusun, merangkai, menghitung mainan, bermain angka, halma, congklak, sempoa, catur, kartu, teka-teki, puzzle, monopili, permainan dikomputer dan lain-lain.
  2. Mengembangkan kecerdasan spasial visual dengan mengamati gambar, foto, merangkai, dan membongkar lego, menggunting lego, menggunting, melipat, menggambar, puzzle, bermain rumah-rumahan dan lain-lain.
  3. Melatih kecerdasan kinestetik ragawi dengan berdiri satu kaki, jongkok, membungkuk, berjalan diatas satu garis, berlari, melompat, melempar, menangkap, latihan senam, menari, olaharaga dan lain-lain.
  4. Merangsang kecerdasan musikal dengan mendengarkan musik, bernyanyi, memainkan alat musik, mengikuti irama dan nada.
  5. Merangsang kecerdasan int rapersonal dengan bermain bersama anak yang lebih tua dan lebih muda, saling berbagi kue, mengalah, meminjamkan mainan, bekerjasama membuat sesuatu, permainan mengendalikan diri, mengenal berbagai suku, bangsa, agama melalui buku atau televisi dan lain-lain.
  6. Melatih kecerdasan interpersonal dengan menceritakan perasaan, keinginan, cita-cita, pengalaman, mengarang cerita dan lain-lain.
  7. Merangsang kecerdasan naturalis dengan menanam biji hingga tumbuh, memelihara tanaman dalam pot, memelihara binatang, berkebun, berwisata, mengamati langit, awan, bulan dan bintang.
  8. Melatih kecerdasan spiritual dengan mengajarkan Tuhannya dengan selalu menyebut nama Tuhan dalam setiap kegiatan, membaca doa sebelum melakukan kegiatan dan lain-lain. Ini juga bertujuan jika kelan anak mempunyai kecerdasan tinggi tidak lantas menjadi orang yang sombong karena mengenal Tuhan. Anak akan terus belajar bersyukur atas nikmat yang diberikan kepadanya.

Apabila anak mempunyai potensi bawaan berbagai kecerdasan dan dirangsang terus menerus sejak kecil dengan cara yang menyenangkan melalui berbagai jenis permainan/metode pembelajaran maka anak kita akan memiliki kecerdasan multiple.

 

 

 

 

 

 

 

 

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*