informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Bagaimana Proses Melihat Pada Bayi?

Proses Melihat Pada Bayi

Ada peribahasa yang mengatakan “mata adalah jendela dunia”, proses manusia mengenal dunia sangat dipengaruhi fungsi mata. Dengan mata manusia bisa saling berinteraksi dan berkomunikasi tanpa mengeluarkan kata-kata.

Proses pembentukan mata manusia dimulai sejak masih berada dalam kandungan. Pada usia empat minggu, anatomi mata mulai terbentuk. Seteelah lahir, fungsi mata seharusnyaa sudah mulai lengkap. Namun, bayi yang baru lahir tidak bisa langsung melihat. Sampai usia tiga hingga empat bulan, penglihatan bayi masih buram dan berkabut. Bayi sudah mampu melihat gerakan dan cahaya namun belum mampu melihat wajah.

Bagaimana sebenarnya proses perkembangan penglihatan bayi ?

Usia 3-4 bulan, fungsi mata bayi terus berkembang pada tahap mengenali bentuk. Pada tahapan ini, mata bayi belum mampu mengenali warna-warna benda. Penglihatan bayi masih terbatas, ia sudah mampu melihat namun hanya melihatnya sebagai warna abu-abu. Kapan bayi mulai mengenal warna tidak dapat diketahui secara pasti, yang jelas warna terang seperti merah dan kuning mulai dapat dikenali bayi. Maka pada usia ini direkomendasikan memberikan mainan gantung yang berwarna terang dan berbunyi. Kebanyakan mainan bayi memang berwarna cerah karena di sesuaikan dengan kemampuan melihat bayi.

Kapan bayi dapat melihat dengan sempurna?

Fungsi mata pada bayi terus berkembang dan berangsur sempurna pada rentan usia 4 – 6 bulan. Pada usia ini, bayi mulai dapat merespon menggunakan mata, salah satunya adalah mampu mengikuti arah benda. Respon belum bisa terlalu cepat karena perintah dari otak bayi masih sedikit lambat. Berikan stimulasi yang tepat dengan memberikan mainan berwarna cerah agar memicu perkemban motoriknya.

Di atas usia 6 bulan, penglihatan bayi pun sudah mulai menajam. “Tapi kalau Sang Nenek melambaikan tangan ke arah bayi dari jarak jauh, misalnya, percuma saja karena bayi belum bisa melihat. Di usia itu, jarak penglihatan bayi baru sekitar 40 cm alias sejarak payudara ibunya,” tambah Florence. Di atas 6 bulan, bayi sudah bisa sedikit lebih cepat mengikuti gerakan benda, karena responsnya sudah jauh lebih baik.

penglihatan anak berfungsi sempurna ketika ia menginjak usia 2 tahun. Perkembangan mata pada anak usia 2 sampai 3 tahun merupakan perkembangan yang sangat penting. Orang tua harus memantau perkembangan mata anak pada rentan usia ini. Jika terjadi masalah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter mata untuk mendapat penanganan.

Ia menambahkan, bisa dikatakan kemampuan melihat anak di usia itu sudah menyerupai kemampuan anak usia SD. Maka, pemeriksaan mata sebaiknya mulai dilakukan di usia ini, kecuali ada tanda-tanda kelainan seperti tidak ada respons atau terlihat warna putih di bola mata serta korneanya.

Begini tahapan melihat pada bayi:

Begini tahapan melihat pada bayi
Begini tahapan melihat pada bayi

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*