Info Pendidikan Indonesia>

Belanja Online Tanpa Ongkos Kirim? Ini Caranya!



Belanja online sudah menjadi aktivitas yang sering kali dilakukan oleh Mom jaman milenial. Banyak alasan kenapa berbelanja online lebih menyenangkan. Saya paling suka belanja online karena banyak barang yang lucu dan tidak bisa ditemukan ditoko offline. Di toko online, kita bisa melihat berbagai barang dalam hitungan menit bahkan detik. Tidak seperti toko offline yang harus keluar rumah dan berjalan jika ingin mencari barang yang kita inginkan.

Selain barangnya yang lebih variatif, belanja online juga lebih praktis dan mudah. Kalau mama merasa cocok dengan barangnya, tinggal transfer dan menunggu. Selang beberapa waktu, barang sampai dirumah. Bahkan, sekarang sudah ada jasa ojek barang semacam go send yang bisa mengirim barang pada hari yang sama.

Tak perlu takut dengan harga mahal, kalau suka belanja online pasti bisa sering-sering riset harga pasar. Jadi, kalau kemahalan, bisa pindah di toko online lain. Kita juga bisa memantau diskon atau promo yang ditawarkan toko online hanya melalui android. Banyaknya aplikasi belanja online membuat persaingan semakin ketat. Berbagai tawaran mereka janjikan untuk menarik perhatian pembeli. Shoopee.co.id misalnya, aplikasi belanja online ini menawarkan gratis ongkos kirim sejak diluncurkan. Sampai saat ini, tawaran gratis ongkos kirim juga masih mereka tawarkan. Tapi jangan sampai salah karena tentunya ada syarat dan ketentuannya. Apa saja sih syarat dan ketentuan gratis ongkos kirim dari Shoope? Nah, berikut syarat dan ketentuan gratis ongkos kirim dari Shoope periode 1 – 31 Desember 2017 seperti dikutip dari laman shoope.co.id

Program 1: Diskon Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku & Papua) dengan min. belanja Rp90.000 di toko Shopee Mall* (Shopee Mall sebelumnya dikenal sebagai Official Shops) untuk seluruh jasa kirim yang didukung oleh Shopee, kecuali GO-SEND Instant.

Syarat & ketentuan:

  1. Program ini berlaku untuk pengiriman paket JNE REG, JNE OKE, Pos Kilat Khusus, GO-SEND Same Day dan J&T Express dari toko Shopee Mall.
  2. Penjual Shopee Mall wajib untuk memasukkan no. resi yang sah untuk pengiriman dengan jasa kirim JNE dan Pos Kilat Khusus. No. resi untuk pengiriman dengan jasa kirim GO-SEND Same Day dan J&T Express akan dikeluarkan secara otomatis oleh sistem Shopee. Pencairan dana akan dilakukan sesuai dengan no. resi yang sah.
  3. Subsidi ongkir akan dibayarkan oleh Shopee sebagai reimbursement sampai dengan batas Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku & Papua) per pesanan yang mempunyai no. resi yang sah.
  4. Untuk menikmati subsidi ongkir, pembeli harus melakukan pembelian min Rp90.000 per toko dalam satu kali checkout.
  5. Jika pengiriman pesanan membutuhkan lebih dari Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku & Papua) aplikasi Shopee dapat menunjukkan sisa biaya ongkir pada saat checkout untuk ditanggung oleh pembeli.
  6. Untuk paket JNE REG, JNE OKE, J&T Express dan Pos Indonesia Kilat Khusus, penjual Shopee Mall wajib mengisi berat barang produk dengan tepat. Jika berat barang tidak diupdate dan ongkir yang dibayarkan lebih dari Rp30.000, maka kekurangan ongkir dapat terjadi dan akan ditanggung oleh penjual Shopee Mall sendiri
  7. Biaya ongkir akan ditransfer bersamaan dengan dana hasil penjualan dalam satu mutasi rekening.
  8. Penjual Shopee Mall dapat memasukkan no. resi melalui Seller Centre di sini.
  9. Untuk penjual Shopee Mall yang menggunakan jasa kirim JNE, penjual Shopee Mall dapat menggunakan JOB (JNE Online Booking) di counter JNE yang tersedia. Klik di sini untuk mengetahui bagaimana penggunaan JOB (JNE Online Booking) di aplikasi Shopee.
  10. Pencairan subsidi ongkir akan dilakukan bersama dengan pelepasan dana produk sehingga no. resi harus dimasukkan secepatnya setelah pengiriman, sebelum dana terlepas. Sistem input resi:
  • resi akan ditolak otomatis oleh aplikasi, jika tanggal dan waktu no. resi adalah sebelum waktu konfirmasi pembayaran pesanan.
  • resi akan ditolak otomatis oleh aplikasi, jika no. resi sudah pernah dipakai sebelumnya.
  • Jika no.resi belum dapat divalidasikan oleh sistem JNE atau Pos Indonesia, maka no. resi akan tersimpan di aplikasi Shopee terlebih dahulu dan sistem akan memberikan minimal 24 jam sebelum mengecek dan merubah status no. resi menjadi “Sah” atau “Ditolak”.
  • Jika penjual Shopee Mall memasukkan no. resi salah maka penjual Shopee Mall memiliki kesempatan untuk mengubah no. resi yang belum divalidasi oleh Shopee dalam 3 hari sejak pengisian no. resi pertama.
  1. Shopee hanya akan membayar biaya ongkir sesuai dengan harga pengiriman di sistem jasa kirim. Jika penjual Shopee Mall adalah member dari jasa kirim yang dipilih dan mendapatkan diskon tertentu dari jasa kirim tersebut, maka Shopee akan membayar harga ongkir yang sudah di diskon karena data tersebut adalah data yang diberikan oleh sistem jasa kirim ke Shopee.
  2. Gratis ongkir hanya berlaku untuk transaksi penjualan yang berhasil di Shopee.
  3. Gratis ongkir tidak berlaku untuk pengiriman pengembalian barang dari pembeli ke Shopee Mall untuk pesanan yang retur.
  4. Jika penjual Shopee Mall menemui masalah teknis saat memasukkan no. resi ke sistem Shopee, penjual Shopee Mall dapat mengirimkan no. resi, no. pesanan dan foto fisik resi ke [email protected] untuk klaim biaya ongkir.
  5. Shopee berhak menangguhkan/ menghentikan program Gratis Ongkir ini untuk penjual Shopee Mall tertentu jika Shopee mendeteksi adanya pola kecurangan atau penyalahgunaan.
  6. Apabila Shopee mendeteksi penyalahgunaan program Gratis Ongkir ataupun no. resi yang tidak sesuai dengan pesanan, maka pihak Shopee berhak untuk tidak membayarkan subsidi ongkirnya. Selain itu, untuk kasus dimana no. resi yang sama terdaftar pada dua pesanan yang berbeda, pihak Shopee berhak memberikan subsidi ongkir hanya kepada pihak yang pertama memasukkan no. resi tersebut.
  7. Shopee berhak untuk merubah ketentuan yang berlaku, dan Shopee akan memberitahukan ke penjual Shopee Mall atas perubahan atau penghentian program yang ada melalui email atau notifikasi pemberitahuan.
  8. Semua biaya ongkir yang dibayarkan oleh pembeli (jika ada) akan diteruskan kepada penjual Shopee Mall.
  9. Jika pelepasan dana untuk subsidi gratis ongkir bermasalah, maksimum batas waktu untuk klaim subsidi ongkir tersebut adalah 1 bulan dari pelepasan dana produk kepada penjual Shopee Mall.

 

Program 2: Diskon Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku & Papua) dengan min. belanja Rp90.000 di toko Shopee lainnya untuk Jasa Kirim J&T Express.

Syarat & ketentuan:

  1. Program ini berlaku untuk pengiriman paket J&T Express dari seluruh penjual Shopee.
  2. No. resi untuk pengiriman dengan jasa kirim J&T Express akan dikeluarkan secara otomatis oleh sistem Shopee. Pencairan dana akan dilakukan sesuai dengan no. resi tersebut.
  3. Subsidi ongkir akan dibayarkan oleh Shopee sebagai reimbursement sampai dengan batas Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku & Papua) per pesanan yang mempunyai no. resi yang sah.
  4. Untuk menikmati subsidi ongkir, pembeli harus melakukan pembelian min Rp90.000 per toko dalam satu kali checkout.
  5. Jika pengiriman pesanan membutuhkan lebih dari Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku & Papua) aplikasi Shopee dapat menunjukkan sisa biaya ongkir pada saat checkout untuk ditanggung oleh pembeli.
  6. Biaya ongkir akan ditransfer bersamaan dengan dana hasil penjualan dalam satu mutasi rekening.
  7. Pencairan subsidi ongkir akan dilakukan bersama dengan pelepasan dana produk.
  8. Shopee hanya akan membayar biaya ongkir sesuai dengan harga pengiriman di sistem jasa kirim. Jika penjual adalah member dari jasa kirim yang dipilih dan mendapatkan diskon tertentu dari jasa kirim tersebut, maka Shopee akan membayar harga ongkir yang sudah di diskon karena data tersebut adalah data yang diberikan oleh sistem jasa kirim ke Shopee.
  9. Gratis ongkir hanya berlaku untuk transaksi penjualan yang berhasil di Shopee.
  10. Gratis ongkir tidak berlaku untuk pengiriman pengembalian barang dari pembeli ke penjual untuk pesanan yang retur.
  11. Jika penjual menemui masalah saat melakukan request pick-up J&T Express, penjual dapat langsung menghubungi:
  • Call Center J&T Express: 0800-100-1188. Jam kerja: 24 Jam Gratis.
  1. Shopee berhak menangguhkan/ menghentikan program Gratis Ongkir ini untuk penjual tertentu jika Shopee mendeteksi adanya pola kecurangan atau penyalahgunaan.
  2. Apabila Shopee mendeteksi penyalahgunaan program Gratis Ongkir, maka pihak Shopee berhak untuk tidak membayarkan subsidi ongkirnya.
  3. Shopee berhak untuk merubah ketentuan yang berlaku, dan Shopee akan memberitahukan ke penjual atas perubahan atau penghentian program yang ada melalui email atau notifikasi pemberitahuan.
  4. Semua biaya ongkir yang dibayarkan oleh pembeli (jika ada) akan diteruskan kepada penjual.
  5. Jika pelepasan dana untuk subsidi gratis ongkir bermasalah, maksimum batas waktu untuk klaim subsidi ongkir tersebut adalah 1 bulan dari pelepasan dana produk kepada penjual.

 

Program 3: Diskon Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku & Papua) dengan min. belanja Rp120.000 di toko Shopee lainnya untuk Jasa Kirim JNE, Pos Kilat Khusus dan GO-SEND Same Day.

Syarat & ketentuan:

  1. Program ini berlaku untuk pengiriman paket JNE REG, JNE OKE, Pos Kilat Khusus dan GO-SEND Same Day dari seluruh penjual Shopee, kecuali Shopee Mall.
  2. Penjual wajib untuk memasukkan no. resi yang sah. Pencairan dana akan dilakukan sesuai dengan no. resi yang sah.
  3. Subsidi ongkir akan dibayarkan oleh Shopee sebagai reimbursement sampai dengan batas Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku & Papua) per pesanan yang mempunyai no. resi yang sah.
  4. Untuk menikmati subsidi ongkir, pembeli harus melakukan pembelian min Rp120.000 per toko dalam satu kali checkout.
  5. Jika pengiriman pesanan membutuhkan lebih dari Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku & Papua) aplikasi Shopee dapat menunjukkan sisa biaya ongkir pada saat checkout untuk ditanggung oleh pembeli.
  6. Penjual wajib mengisi berat barang produk dengan tepat. Jika berat barang tidak diupdate dan ongkir yang dibayarkan lebih dari Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku & Papua) maka kekurangan ongkir dapat terjadi dan akan ditanggung oleh penjual sendiri.
  7. Biaya ongkir akan ditransfer bersamaan dengan dana hasil penjualan dalam satu mutasi rekening.
  8. Penjual dapat memasukkan no. resi melalui Seller Centre di sini.
  9. Untuk penjual yang menggunakan jasa kirim JNE, penjual dapat menggunakan JOB (JNE Online Booking) di counter JNE yang tersedia. Klik di sini untuk mengetahui bagaimana penggunaan JOB (JNE Online Booking) di aplikasi Shopee.
  10. Pencairan subsidi ongkir akan dilakukan bersama dengan pelepasan dana produk sehingga no. resi harus dimasukkan secepatnya setelah pengiriman, sebelum dana terlepas. Sistem input resi:
  • resi akan ditolak otomatis oleh aplikasi, jika tanggal dan waktu no. resi adalah sebelum waktu konfirmasi pembayaran pesanan.
  • resi akan ditolak otomatis oleh aplikasi, jika no. resi sudah pernah dipakai sebelumnya.
  • Jika no.resi belum dapat divalidasikan oleh sistem JNE atau Pos Indonesia, maka no. resi akan tersimpan di aplikasi Shopee terlebih dahulu dan sistem akan memberikan minimal 24 jam sebelum mengecek dan merubah status no. resi menjadi “Sah” atau “Ditolak”.
  • Jika penjual memasukkan no. resi salah maka penjual memiliki kesempatan untuk mengubah no. resi yang belum divalidasi oleh Shopee dalam 3 hari sejak pengisian no. resi pertama.
  1. Shopee hanya akan membayar biaya ongkir sesuai dengan harga pengiriman di sistem jasa kirim. Jika penjual adalah member dari jasa kirim yang dipilih dan mendapatkan diskon tertentu dari jasa kirim tersebut, maka Shopee akan membayar harga ongkir yang sudah di diskon karena data tersebut adalah data yang diberikan oleh sistem jasa kirim ke Shopee.
  2. Gratis ongkir hanya berlaku untuk transaksi penjualan yang berhasil di Shopee.
  3. Gratis ongkir tidak berlaku untuk pengiriman pengembalian barang dari pembeli ke penjual untuk pesanan yang retur.
  4. Jika penjual menemui masalah saat melakukan request pick-up driver GO-SEND, penjual dapat langsung menghubungi:
  • Call Center GO-SEND: (021) 5055-22200. Jam kerja: Senin – Minggu pk 08:00 – 24:00.
  1. Jika penjual menemui masalah teknis saat memasukkan no. resi ke sistem Shopee, penjual dapat mengirimkan no. resi, no. pesanan dan foto fisik resi ke [email protected] untuk klaim biaya ongkir.
  2. Shopee berhak menangguhkan/ menghentikan program Gratis Ongkir ini untuk penjual tertentu jika Shopee mendeteksi adanya pola kecurangan atau penyalahgunaan.
  3. Apabila Shopee mendeteksi penyalahgunaan program Gratis Ongkir ataupun no. resi yang tidak sesuai dengan pesanan, maka pihak Shopee berhak untuk tidak membayarkan subsidi ongkirnya. Selain itu, untuk kasus dimana no. resi yang sama terdaftar pada dua pesanan yang berbeda, pihak Shopee berhak memberikan subsidi ongkir hanya kepada pihak yang pertama memasukkan no. resi tersebut.
  4. Shopee berhak untuk merubah ketentuan yang berlaku, dan Shopee akan memberitahukan ke penjual atas perubahan atau penghentian program yang ada melalui email atau notifikasi pemberitahuan.
  5. Semua biaya ongkir yang dibayarkan oleh pembeli (jika ada) akan diteruskan kepada penjual.
  6. Jika pelepasan dana untuk subsidi gratis ongkir bermasalah, maksimum batas waktu untuk klaim subsidi ongkir tersebut adalah 1 bulan dari pelepasan dana produk kepada penjual.

 

Catatan untuk seluruh promosi di atas:

**Selain ketentua di atas, Shopee telah menerapkan batasan untuk checkout bersubsidi ongkir di Shopee. Informasi detil sebagai berikut:

(i) Batasan harian: Maksimum checkout yang akan mendapatkan subsidi adalah sebanyak 1 checkout per hari, atau

(ii) Batasan mingguan: Maksimum checkout yang akan mendapatkan subsidi adalah sebanyak 2 checkout per minggu, atau

(iii) Batasan bulanan: Maksimum checkout yang akan mendapatkan subsidi adalah sebanyak 5 checkout per bulan.

(iv) Batasan checkout untuk checkout yang mendapatkan subsidi melalui website Shopee adalah sebanyak 1 checkout per bulan.

 

 



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*