informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Cara Aman Mensterilkan Botol Susu Bayi

Cara Mencuci Botol Bayi
Cara Mencuci Botol Bayi

Tahun pertama kelahiran seorang bayi merupakan usia yang sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Masa pertumbuhan ini kondisi tubuh bayi masih boleh dibilang ringkih, imunitas tubuh masih sangat lemah, berbeda dengan orang dewasa. maka perlakuan yang istimewa perlu dilakukan. Penting kiranya menjaga kebersihan peralatan bayi karena mikro organisme seperti virus atau bakteri dapat menempel dengan mudah. Apalagi peralatan bayi yang sering menempel pada bayi seperti botol susu. Maka, mama harus mensterilkan botol susu bayi dengan cara yang aman.

Bagi ibu muda tentu masih mengalami banyak kebingungan bagaimana memilih cara merawat bayi yang aman. Perawatan bayi yang keliru tentu sangat beresiko terhadap kesehatan dan perkembangan bayi. Dalam hal mensterilkan botol susu, banyak ibu yang asih bingung bahkan boleh dibilang keliru. Baru-baru ini, ahli gizi dari Rumah Sakit Daerah (RSUD) Umum Ulin Banjarmasin mengatakan, kebanyakan botol susu bayi terbuat dari plastik jenis Polikarbonat (PC). Jika direbus ada kemungkinan plastik ini akan melepaskan residu senyawa kimia yaitu bisphenol-A (BPA) yang sangat berbahaya. Senyawa tersebut akan menimbulkan bahaya Endocrine Disprupter yang mengganggu sistem hormon si buah hati. Perlengkapan makan dan minum yang berbahan NON BPA FREE ini juga bisa mempengaruhi kesehatan, reproduksi, perkembangan dan tingkah lakunya (baca juga: tips memilih botol bayi).

Sebelum mensterilkan botol susu, pastikan botol susu aman. Botol susu yang aman untuk anak adalah botol yang berlambang #2 HDPE, #4 LDPE and #5 PP. Plastik tersebut dibuat dari polypropylene atau polyethylene yang diketahui tidak melarutkan karsinogen, zat penyebab kanker. Untuk mengetahuinya Anda tinggal melihat lambang #2, #4 dan #5 yang berada di bagian bawah botol.

Lantas, bagaimana agar botol susu atau perlengkapan bayi boleh dibilang aman untuk bayi? Pertama, pilih bahan perlengkapan bayi yang aman. Standar aman untuk perlengkapan bayi tercantum tanda BPA FREE yang berarti terbuat dari bahan PP atau PES. Kedua, sterilkan botol susu dan perlengkapan bayi lain dengan cara yang aman dan efektif. Botol susu BPA Free sebenarnya aman untuk direbus, saya punya beberapa tips aman dan mudah untuk mensterilkan botol susu. Berikut label jenis-jenis foto yang aman atau tidak aman untuk bayi :

Arti Kode Kemasan Plastik - istimewa
Arti Kode Kemasan Plastik – istimewa

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mensterikan botol susu bayi. Berikut diantaranya:

  1. Direbus

Botol susu boleh – boleh saja direbus. Hanya saja, ada yang harus diperhatikan sebelum merebus botol ssusu bayi. Pastikan jenis plastik botol bayi merupakan botol susu yang tidak mengandung BPA (BPA Free). Jangan sampai btol susu mengandung jenis Polikarbonat (PC) karena jenis plastik ini akan melepas residu senyawa kimianya jika direbus. Plastik jenis PC akan melepas residu yang membajayaan sistem hormon tubuh bayi.

Jika botol susu anda memang aman untuk direbus, begini cara merebus botol susu bayi yang aman:

  • Sediakan panci besar, isi dengan air secukupnya.
  • Masukkan botol dan perlengkapan lainnya. Pastikan botol susu tenggelam dalam panci. Jangan sampai ada gelembung udara yang terperangkap dalam botol dan dot.
  • Tutup panci. Didihkan ± 10 menit.
  • Capit botol susu dan perlengkapan lainnya dengan capit khusus. Letakkan dalam penyimpanan botol susu yang steril dan higienis.
  1. Gunakan Microwave

mensterilkan botol susu bayi dengan microwave

Mensterilkan botol susu bayi dengan microwave sangat mudah dan cepat. Mensterilkan botol susu dengan microwave hanya butuh waktu 90 detik saja. Jangan menutup botol susu ketika proses sterilisasi didalam microwave karena dapat menimbulkan tekanan. Jika sudah 90 detik, matikan microwave. Berhati-hatilah melepas tutup microwave karena menyimpan panas setelah sterilisasi.

Sterilisasi dengan microwave sangat menguntungkan  karena tidak berbau dan sisa –sisa susu musnah dengan metode ini. Simpan botol susu dengan keadaan tertutup. Botol susu dapat steril selama 3 jam.

  1. Metode dengan Alat Sterilisasi Botol Susu

sterilizer botol susu bayi

Untuk mensterilkan botol susu bayi anda bisa menggunakan alat sterilisasi khusus botol bayi. Alat ini bisa digunakan dengan mudah dan cepat. Selain memang telah didesain untuk mensterilkan botol bayi dengan metode pemanasan, alat ini juga bisa dipakai menyimpan botol bayi sebelum dipakai. Jadi lebih aman kan? Anda bisa mendapatkannya di toko perlengkapan bayi atau di toko online dengan harga terjangkau. Perhatikan kebersihan alat dan tanan anda ketika membersihkan botol susu. Pastikan tidak ada gelembung udara dalam botol ketika mensterilkan botol susu.

Note:

  • Demikian cara mensterilkan botol susu bayi. Jangan lupa untuk menggunakan pencuci perlengkapan bayi yang benar-benar khusus untuk bayi. Produk pencuci ini terbuat dari bahan yang aman untuk bayi, mengingat bayi masih sensitif.
  • Pilihlah sikat botol maupun dot yang lembut dan memang terjaga kualitasnya.
  • Perhatikan warna botol susu, jika terlihat buram sebaiknya ganti botol susu bayi dengan yang baru. Lakukan pencegahan dengan memberikan perlengkapan makan bayi terbaik dan aman untuk si buah hati.

Baca juga:

Tips Memilih dot dan Botol Susu yang Aman

Hentikan Memberi Susu Botol Sambil Tidur

Cara Menggunakan Pompa ASI

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*