informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Cara Membiasakan Anak Membantu Sesama

membantu sesama
membantu sesama

Membantu sesama merupakan pekerjaan yang mulia. Sebuah tindakan yang selalu dianjurkan Tuhan. Pramodya Ananta Toer dalam bukunya Bumi Manusia menyatakan, tugas manusia adalah menjadi manusia. Bagaimana manusia yang dimaksud oleh Pram? Tentu manusia yang memanusiakan orang lain, menghargai, membantu tanpa pamrih, iklas dan legowo.

Banyak orang yang hidup jaman sekarang lebih mementingkan diri sendiri, tidak berminat membantu sesama. Kepekaan dalam membantu sesama merupakan sesuatu yang mendasar untuk mengimbangi keberhasilan dalam seluruh aspek kehidupan. Kepemimpinan yang tidak disertai dengan sikap peduli pada sesama akan menjadi kepemimpinan yang minim manfaat.

Kunci utamanya, anda harus menjadi teladan dalam hal ini. Jika kita sukarela membantu pasangan dalam tugas-tugasnya, anak akan mengambil pelajaran dari sana. Intropeksi diri apakah anak kita melihat kita menolong tetangga dan orang lain dengan sukarela. Apakah kita bersedia mengerjakan pekerjaan kasar atau kita yang justru menugaskan pada orang lain.

Bantu mereka untuk belajar berkorban dan bersedia membantu sesama. Berikut beberapa tipsnya:

  • Ajak keluraga terlibat dalam kegiatan bakti sosial atau sejenisnya.
  • Ajari mereka konsep memberi kepada yang kurang mampu.
  • Ikut sertakan mereka dalam kegiatan pramuka. Tekanan dari kawan sebaya akan membuat mereka mengerti pentingnya membantu sesama. Pola pikir dan tindakan dapat mengakar dan membetuk sifatnya untuk seumr hidup.
  • Berikan kegembiaraan pada anak anda karena dia mampu dan berhasil menolong kita. Nyatakan pujian dan terimakasih.
  • Libatkan anak membereskan rumah sbelum tamu tiba. Ajari dia melayani tamu dengan baik dan berikan pujian untuknya.
  • Dorong anak untuk sukarela membersihkan kelas dan semata menyelesaikan tugas untuk membantu dan melayani sesama.
  • Bicarakan peranan membantu sesama dan sifat tidak mementingkan diri sendiri dalam membina persahabatan.
  • pasang foto anak yang sedang melakukan tugas membantu sesama. Pujilah tiap kali foto itu diihat.
  • Ajak anak anda berjalan-jalan dimana anda bisa menunjukkan padanya orang-orang yang kurang beruntung. Tunjukkan pada anak anda bahwa mereka membutuhkan. Lihat reaksinya dan bicarakan apa yang ia rasakan.

Demikian artikel mengenai cara membiasakan anak membantu sesama.

Jabat erat, semoga manfaat 🙂

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*