informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Hentikan Memberi Susu Botol Sambil Tidur

susu formula terbaik
susu formula terbaik

Tidur adalah kebiasaan bayi yang penting untuk tumbuh kembangnya. Ketika ia tidur, seluruh jaringan tubuh justru berkembang dengan sangat pesat. Maka tak ada salahnya membuat tidur sikecil senyaman dan senyenyak mungkin. Sikecil yang kurang tidur atau malah terganggu tidurnya bisa tantrum atau mengamuk karena jaringan otaknya sedikit stres. Seringkali untuk membuat sikecil nyaman dan nyenyak tidur mama menyusuinya sambil tidur. Bayi dan ibu ASI sangat menyukai ini. Selain dapat membuat sikecil tidur, proses menyusui sambil tidur juga membuat mama lebih santai dan tidak mudah lelah. Namun, bila memberi susu botol sambil tidur apakah itu aman?

Susu botol meiliki banyak perbedaan dengan ASI, baik dari segi kandungan maupun cara memberikannya. ASI cenderung lebih praktis dan selalu terjamin kehieginisannya karena memiliki tempat penyimpanan yang paling steril, tubuh mama. Sedangkan susu botol memiliki beberapa kecenderungan dan perlu kehati-hatian dalam penyajian. Mama perlu menjaga kehieginisan perlengkapan menyusu seperti dot dan botol susu (baca juga: cara aman mensterilkan botol susu bayi). Selain itu, perlu diperhatikan dalam memberikan susu botol pada bayi. Sebaiknya tidak memberikan susu botol pada bayi dalam posisi tidur, berikut beberapa alasannya:

  • Memberikan susu botol pada bayi dalam posisi tidur dapat mengakibatkan air susu menggenang atau malah menempel pada gigi. Kandungan gula yang tinggi pada susu formula dapat mengakibatkan kerusakan gigi bila senyawa asam yang dihasilkan susu formula menumpuk pada gigi. Senyawa asam inilah yang merusak enamel gigi anak.
  • Selain senyawa asam yang berbahaya pada gigi anak, tekanan botol susu yang menempel pada gigi juga berpengaruh pada empat gigi susu anak. Gigi depan anak harus bekerja ekstra dalam menopang botol susu.
  • Memberikan susu botol sambil tidur juga dapat mengakibatkan infeksi telinga pada bayi. Pemilihan dot bayi yang kurang baik dapat mengganggu tumbuh kembang pendengaran anak anda. Ketika bayi berhenti menghisap, kemungkinan air susu dapat mengalir ke rongga telinga bagian tengah. Terkumpulnya cairan susu pada telinga bayi dapat berakibat munculnya infeksi bakteri. Cairan yang terkumpul dibagian belakang gendang telinga kan memicu timbulnya gangguan pendengaran pada buah hati anda.
  • Dampak lain dari kebiasaan ini adalah mengurangi kedekatan antara ibu dan anak. Bayi yang menyusu menggunakan botol tidak mendapat kontak langsung dengan ibu. Padahal, bayi sangat sensitif dengan sentuhan.

Berikut gambaran dampak memberikan botol susu bayi sambil tidur;

bahaya memberi botol susu sambil tidur
bahaya memberi botol susu sambil tidur

Nah, sebaiknya anda mulai membiasakan sikecil agar tidak menyusu dengan botol susu sambil tidur. Tapi tak perlu tergesa-gesa melakukannya, lakukan dengan lembut dan kesabaran. Berikut beberapa tipsnya;

  • Berikan susu botol sambil menggendongnya. Selain meningkatkan kedekatan antara ibu dan anak, memberikan botol susu sambil digendong dapat mengurangi resiko tersedak karena posisi kepala bayi lebih tinggi dari tubunya.
  • Untuk menjaga kebersihan gigi sikecil, anda dapat membersihkan giginya sebelum waktu tidur. Anda dapat mencoba melepaskan botol susu dengan perlahan, caranya masukkan jari kelingking anda kedalam mulut sikecil dan cabut botol susu perlahan. Pastikan jari anda dalam keadaan bersih. Anda bisa mulai membersihkan gigi sikecil dengan kain kasa yang dibasahi dengan air matang. Hal ini dapat mengurangi resiko kerusakan gigi karena kandungan gula yang tinggi pada susu formula.
  • Anda juga bisa memberikan air putih pada sikecil sehabis menyusu. Air putih dapat berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa susu dan jamur dimulutnya. Dengan catatan, anak anda telah berusia lebih dari 6 bulan. Pemberian air putih kurang dari 6 bulan dapat memperberat kerja ginjal.
  • Bila anak anda belum umbuh gigi bukan berarti tidak masalah bila memberinya botol susu dengan posisi tidur. Tekanan botol susu pada gusi justru dapat merusak tekstur gigi nantinya mengingat gusi bayi masih dalam masa tumbuh./ki

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*