informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Ingin Mendidik Anak Sukses? Ini Caranya

mendidik anak sukses
mendidik anak sukses

Semua orang tua menginginkan anak sukses. Mereka selalu berharap yang terbaik untuk anak-anaknya. Meraih kesuksessan membutuhkan banyak dukungan, baik dari dalam diri seseorang maupun lingkungan sekitar. Sukses bisa diraih oleh seseorang yang berjiwa pemenang. Pemenang memiliki sifat percaya pada diri sendiri, berimajenasi tinggi, komitmen, tegas dan pantang menyerah.

Berikut beberpa hal yang bisa menjadi bekal anda untuk mengantarkan dan menyemangati anak anda menjadi anak sukses.

  • Anda dan anak anda harus memahami bahwa imajenai menyangkut menggali kekuatan. Ajak mereka untuk berbicara bersama tentang kekuatan dalam dirinya dan bagaimana mengatasi kelemamahannya. Ceritakan kalau kadang kita juga suka berkhayal dan suka takut gagal. Gunakan daya khayal dengan cara yang menguntungkan.
  • Tolong anak anda agar dia berimajenasi dan membayangkan dirinya menjadi seperti apa yang ia inginkan. Akan sangat membantu jika kita menceritakan saat kita berhasil mengatasi tantangan yang kita lalui dimasa lampau. Sehingga anak memiliki sikap memandang kedepan dengan penuh harapan.
  • Saat berkumpul, ajak semua anggota keluarga saling bercerita segi baik dan buruk. Akhiri dengan doa bersama.
  • Komitmenkan untuk mencapai berbagai tujuan juga perlu diajarkan. Apa yang menjadi idaman dan sasarannya. Bantu dia untuk mengevaluasi dan merencakan suksesnya.
  • Pada tahap masih didin, ajak diri untuk mengalami keberhasilan. Ajak dia memperbaiki sesuatu atau memasak makanan. Ajak dia menolong anda. Minta anak mengajari anda sesuatu. Jangan memberi kesan bahwa anda mengada-ada. Ketegasan timbul karena beberapa keberhasilan yang dicapainya.
  • Cara untuk menjamin agar anak tetap berhasil dalam usahanya adalah mengupayakan agar ia cukup terlatih dan siap melaksanakan tugas yang akan dicobanya. Berikan petunjuk dan contoh yang dibutuhkan. Tapi jangan terlampau banyak petunjuk.
  • Bantu mereka agar sasaran mereka adalah yang terbaik. Dia memang tidak selalu dapat mencapainya. Maka sekalpun ia tidak berhasil, tetaplah mendukungnya. Agar tidak pudar rasa percaya dirinya.
  • Pantang menyerah terbentuk oleh kesabaran dan ketekunan. Jika tampaknya dia gagal, berilah semangat agar dia terus tekun. Jika dia akan menyerah, berilah pertolongan. Namun jangan mengambil alih, secukupnya saja dan biarkan dipadukan dengan ketekunannya agar memastikan bahwa dia akan berhasil.
  • Ingatkan prinsip “aku bisa, aku dapat”. Terapkan bersama-sama.
  • Bila dia gagal dan bersedih, dampingi dia dengan bijak (baca juga: peran orang tua dalam membantu ank melewati kesedihan)

Beberapa hal yang harus anda hindari:

  • Jangan mengkritik terlalu berlebihan, baik kepadanya maupun kepada teman-temannya.
  • Jangan suka membandingkan dia dengan orang lain.
  • Jangan memberi kesan bahwa dia akan gagal dengan mencari kesalahanya atau mengatakan “waktu kamu mencobanya dulu, semuanya jadi berantakan”. Anak sukses karena punya banyak kesempatan untuk bereksplorasi.
  • Jangan mencegah mereka untuk mencoba menyelesaikan tugas baru. Beri beberapa petunjuk yang kiranya mereka perlukan.

Demikian beberapa cara yang bisa anda coba untuk mendidik anak sukses. Anak sukses, kita semua sukses.

Jabat erat, semoga manfaat 🙂

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*