informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Ini Menu Sahur yang Bisa Membuat Anda Kenyang Lebih Lama

Telur dan pasta/pixabay.com
Telur dan pasta/pixabay.com

Di bulan ramadhan, semua umat muslim menjalankan ibadah puasa. Ibadah puasa dibulan ramadhan merupakan ibadah wajib yang harus dijalankan umat muslim yang telah baligh. Saat berpuasa, umat muslim harus menahan lapar, dahaga dan hawa nafsu semenjak imsyak hingga matahari terbenam.

Kunci dari ibadah puasa memang rasa lapar, namun bukan berarti menjadi alasan untuk membatalkan puasa atau bermalas-malasan. Agar puasa dan semua aktivitas berjalan dengan lancar, ada baiknya anda mesiasati menu sahur agar kenyang lebih lama. Makanan yang dikonsumsi saat sahur berpengaruh pada pembentukan energi tubuh. Jika anda mengkonsumsi makanan yang menyimpan energi lebih lama, anda bisa merasa lebih segar selama puasa.

Berikut makanan yang bisa anda konsumsi saat sahur agar tubuh tetap bugar.

1. Oatmeal

oatmeal/pixabay.com
oatmeal/pixabay.com

Oatmeal merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi saat pagi sebagai sarapan. Saat puasa, oatmeal diajurkan dikonsumsi saat sahur. Pasalnya, oatmeal mengandung serat yang cukup tinggi sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, oatmeal juga dapat menjaga jantung tetap sehat. Sehingga, tak heran jika banyak orang yang memilik oatmeal sebagau menu sarapan yang sehat.

2. Apel

Apel sebagai menu sahur/pixabay.com
Apel sebagai menu sahur/pixabay.com

Apel dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C sangat berguna untuk mencegah gangguan mulut seperti sariawan. Apel juga dapat memenuhi kebutuhan serat dan mineral pada tubuh. Mengkonsumsi apel pada saat sahur dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

3. Beras Merah

Beras Merah/tropicanaslim.com
Beras Merah/tropicanaslim.com

Dibadingkan dengan nasi beras putih, nasi yang berasal dari beras merah dapat membantu membuat anda kenyang lebih lama. Pasalnya, kandungan karbohidrat dalam beras merah lebih banyak daripada beras putih. Selain itu, kandungan gula dalam beras merah juga lebih sedikit sehingga seringkali dianjurkan untuk pengidap diabetes.

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang cukup banyak. Sehingga bisa membuat rasa kenyang yang cukup lama, dan tenaga pun tak cepat terkuras saat puasa.

  1.  Cokelat Hitam
Cokelat Hitam/pixabay.com
Cokelat Hitam/pixabay.com

Mengkonsumsi cokelat hitam sebagai penutup saat sahur sangat dianjurkan. Pasalnya, cokelat hitam tak hanya mampu membuat anda kenyang lebih lama tapi cokelat hitam juta terbukti dapat mengurangi tekanan darah. Tak hanya itu, cokelat hitam juga disebut-sebut dapat melindungi kesehatan otak dan jantung.

  1.  Telur
Telur dan pasta/pixabay.com
Telur dan pasta/pixabay.com

Telur merupakan makanan yang sangat kaya akan protein. Mengkonsumsi telur saat sahur dapat membuat tubuh anda menjadi lebih bertenaga dan tdak mudah lesu. Pastikan anda dan keluarga menyantap telur sebagai menu sahur. Namun, ada baiknya menghindari cara mengolah telur dengan digoreng. Olah telur dengan cara direbus atau dikukus agar lebih bermanfaat untuk kesehatan. Pasalnya, lemak berlebih dapat mengakibatkan rasa kantuk, terlebih saat berpuasa.

  1.  Air Putih
Air Mineral/pixabay.com
Air Mineral/pixabay.com

Jangan sampai anda kekurangan air putih atau merasa dehidrasi saat puasa. Jika anda merasakan dehidrasi saat puasa, tubuh akan merasa lemas dan lesu sepanjang hari. Konsumsi air putih yang cukup saat sahur agar anda merasa lebih segar dan berenergi sepanjang hari. Anda juga dapat mengkonsumsi jus tanpa tambahan gula sebagai sumber mineral. Sementara, mengkonsumsi kopi dan teh manis dapat membuat tubuh mengalami kekurangan cairan, karena sifat kopi dan teh yang uretik dapat merangsang untuk buang air kecil.

  1.  Sup
Sup ayam/royco.co.id
Sup ayam/royco.co.id

Sup merupakan menu sahur yang paling dianjurkan. Pasalnya, sup mengandung protein dan sayuran didalamnya. Selain itu, sup dapat membuat perut terasa lebih penuh.

Nah, demikian beberapa menu sahur yang dianjurkan untuk menemani sahur anda bersama keluarga. Menu sahur yang berkualitas akan menjaga tubuh anda tetap segar sepanjang hari.

Sumber : Menu Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi Saat Sahur, Agar Tahan Lapar – Bidanku.com

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*