informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Inspirasi Kabinet Dapur Minimalis yang Cantik

dapur cantik3

Dapur minimalis mulai banyak diminati karena tidak membutuhkan banyak ruang namun dapat tetap tampil cantik dan terlihat elegan.

Dapur minimalis meski relatif kecil namun tidak menjadi masalah besar. Dapur anda bisa lebih efektif penggunaanya jika anda memahami cara menggunakannya agar terkesan lebih lega. Dapur minimalis, meski ruangannya tidak terlalu luas namun fungsi dan peralatan masaknya sama saja dengan dapur yang lebih luas. Banyak peralatan dapur yang diperlukan, sehingga anda harus jeli dan cermat menyimpannya agar tidak terkesan semakin sempit dan sesak dengan peralatan masak anda. Menggunakan kabinet dapur menjadi pilihan yang paling solutif untuk menyimpan semua bahan makanan dan peralatan dapur anda.

Kabinet dapur merupakan furniture yang sangat penting. Selain mampu menyimpan banyak barang dan bahan makanan, kabinet dapur dapat menjadi elemen dekoratif yang dapat mempercantik dapur. Design, bahan dan warna kabinet dapat mempercantik ruangan jika disesuakan dengan design interior dapur.

Tips memilih kabinet dapur

Perhatikan bentuk dan posisi kabinet dapur anda. Bentuk kabinet yang eye cacthing akan memperindah elemen dekorasi dapir anda. Pada umumnya, kabinet dapur memiliki tiga jenis varian, yakni custom, semi-custom dan stock cabinet. Jika anda pergi ke toko furniture, anda akan lebih sering menjumpai model stock cabinet.

Stock cabinet harganya tergolong murah karena bentuknya sangat sederhana, yakni hanya terdiri dapri rak dan rangka kabinet saja. Tapi, anda masih dapat menambahkan fitur lain pada kabinet ini.

Semi custom cabinet merupakan kabinet dapur yang sebelumnya sudah disesuaikan dengan ukuran, gaya dan finishing yang telah dipilih . Kabinet jenis ini memiliki banyak kelebihan, yakni banyak pilihan dari segi model pintu kabinet, finishing dan fitur interior.

Jenis custom cabinet merupakan kabinet dapur yang memiliki lebih banyak kelebihan, dimana gaya, finishing dan ukuran kabinet disesuaikan dengan dapur.

Nah, agar anda tidak salah memilih kabinet daput dan menyesal kemudian hari, ada baiknya siak beberapa tips memilih kabinet dapur berikut ini:

  1. Ingat Fungsi

Ketika hendak memilih kabinet dapur, ingat fungsi utamanya. Kabinet dapur tak hanya butuh 1 atau 2 kabinet saja. Semakin banyak peralatan dapur anda, semakin banyak kabinet yang anda butuhkan. Ada baiknya sebelum memilih kabinet, sesuaikan dengan jumlah peralatan dapur dan ukurannya. Pisahkan kabinet untuk perabotan dapur, perlengkapan makan dan bahan makanan agar memudahkan anda menggunakannya.

  1. Bentuk Kabinet

Kabinet biasanya dipakai untuk jangka waktu yang lama, maka jangan sampai salah pilih. Pilih kabinet yang kuat, bentuknya fleksibel, sesuai dengan ukuran dapur anda. Untuk dapur minimalis, ada baiknya anda memilih kabinet yang menggunakan model pintu geser agar ketika dibuka tidak mengganggu aktivitas anda.

Tips membuat dapur minimalis nampak cantik

Dapur tidak harus selalu besar dan luas agar lebih nyaman. Banyak tips yang bisa anda terapkan di dapur minimalis agar nampak lega, nyaman dan fungsionalis. Nah, sebelum melihat design-design dapur minimalis, ada baiknya anda membaca beberapa tips berikut ini;

  1. Rapi

Pastikan dapur anda selalu rapi. Kerapihan dapat membuat dapur minimalis nampak lebih lega, teratur dan efissie. Agar selalu nampak rapi, pastikan semua barang memiliki tempatnya masing-masing. Selain terlihat lebih rapi, anda juga bisa menemukannya lebih mudah kan?

  1. Kreasi

Agar dapur anda nampak lebih lega, kreasikan dapur anda berbeda dari biasanya. Buka pikiran anda, jangan terpaku pada pakem yang biasanya. Misalnya, lepaskan pintu lemari dan dapur agar isi lemari bisa terlihat dengan mudah. Atau gunakan pintu pintu kaca agar dapur nampak lebih lega.

  1. Ciptakan Kohesi

Ciptakanlah kohesi agar memberi ilusi bahwa ruangan tampak luas. Tumpukan barang pada dapur akan membuat dapur nampak sangat penuh. Solusinya, pastikan dinding dapur anda memiliki cat yang sama dengan piring. Misalnya warna putih. Tumpukan piring akan nampak menghilang dan membuat dapur anda terasa lebih rapi dan luas.

  1. Sesuaikan ukuran

Sesuaika ukuran dapur, kabinet dapur dan peralatan masak anda dengan luas. Untuk keluarga kecil, tidak perlu menggunakan peralatan makan yang terlalu banyak. Jika anda hidup sendiri, gunakan ricecooker yang tidak terlalu besar.

  1. Buat dapur lebih terang

Usahakan dapur anda memiliki akses terhadap sinar matahari agar dapur lebih terang. Dapur yang gelap akan lembab. Apalagi jika dapur tidak memiliki akses sinar matahari langsung. Pastikan permukaan meja dapur anda tidak gelap. Berikan lampu pada bawah lemari dapur agar selalu terang. Cara ini juga membuat kegiatan masak memasak jadi lebuh mudah.

  1. Gunakan furniture multiguna

Furniture multiguna sangat bermanfaat untuk dapur minimalis. Selain memiliki berbagai fungsi, furniture multiguna juga dapat lebih menghemat ruangan. Misalnya, gunakan meja kecil didapur. Meja kecil tersebut dapat anda gunakan sebagai island, untuk menyiapkan makanan atau sebagai meja makan. Tentukan meja tersebut agar lebih fungsional dan hemat tempat. Anda juga bisa memilih meja yang cantik agar dapat memperindah dapur minimalis anda.

Nah, setelah anda tahu bagaimana memilih kabinet dapur dan tips menjaga dapur tampak lebih lega, berikut beberapa design dapur minimalis yang bisa menjadi inspirasi anda;

dapur minimalis

kitchen set simpel

kitchen set minimalis

kitchen set cantik

kabinet dapur minimalis

kabinet dapur cantik

dapur simple dan cantik

dapur simpel

dapur minimalis

dapur minimalis yang cantik

dapur minimalis simpel

dapur minimalis dan cantik

dapur mewah

dapur elegant

dapur cantik18

dapur cantik17

dapur cantik16

dapur cantik15

dapur cantik14

dapur cantik13

dapur cantik11

dapur cantik10

dapur cantik9

dapur cantik8

dapur cantik7

dapur cantik6

dapur cantik5

dapur cantik4

dapur cantik3

dapur cantik2

dapur cantik1

dapur cantik

dapur cantik dan menarik

dapur minimalis

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


1 Comment on Inspirasi Kabinet Dapur Minimalis yang Cantik

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*