Info Pendidikan Indonesia>

Sikecil Mendadak Sakit? Siapkan Obat Herbal Ini



Anak kecil punya daya tahan tubuh yang berbeda dengan orang dewasa. Pada usia 0 – 5 tahun, mereka masing rentan terserang berbagai penyakit karena imunitas tubuh mereka belum optimal. Saat si kecil mendadak demam, masuk angin, rewel atau merasa gatal ketika musim pancaroba, jangan buru – buru panik ya mam. Tidak perlu sedikit – sedikit sakit kemudian buru- buru membawa sikecil ke dokter atau klinik. Tentu harus menyiapakan uang yang tak sedikit juga kan? Untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh sikecil tetap terjaga, anda perlu jeli menggali kekayaan alam sekitar. Banyak obat herbal yang bisa ditemukan didapur. Sejumlah obat herbal justru telah terbukti ampuh mengatasi berbagai keluhan sikecil. Selain sedikit lebih hemat, beralih dari obat – obatan kimia ke obat herbal juga lebih sehat karena tidak memiliki efek samping.

  1. Air kelapa muda

Air kelapa muda untuk obat diare

Diare merupakan keadaan dimana tubuh mengalami gejala buah air besar yang lebih intens dari biasanya. Bentuk feses lebih dair dan perut terasa mules. Jika anak mengalami diare, berikan air kelapa muda sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

Air kelapa muda dapat mengobati muntaber

Diare yang disertai dengan muntah disebut muntaber. Muntaber atau muntah berak bisa berbahaya, jika tidak segera ditangani bisa berakibat fatal. Penderita muntaber berpotensi kehilangan banyak cairan yang mengakibatkan tubuh menjadi lemas, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Oleh karena itu, segera bawa ke dokter jika salah satu anggota keluarga mengalami muntaber.

Ada baiknya, penanganan muntaber juga diiringi dengan obat alami. Berikan oralit atau es kelapa muda agar anak tidak kehilangan banyak cairan. Caranya 1 gelas air kelapa muda dicampur dengan garam ½ sendok dan berikan kepada anak. Berikan setiap 2 jam sekali sampai berak benar – benar berkurang.

Berikut manfaat lain dari air kelapa muda;

  • Membersihkan saluran pencernaan dan memperbaiki sirkulasi darah
  • Memperbaiki sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.
  • Ari kelapa muda membantu tubuh melawan virus penyakit
  • Air kelapa muda dapat membantu menyembuhkan gangguan saluran kencing
  • Dapat meredakan pusing akibat mabuk
  • Air kelapa muda mengatasi dehidrasi.
  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis dapat membantu meredakan batuk dan mencairkan dahak. Berikut caranya:

  • Campur 1 sdm air perasan jeruk nipis dengan 2 sdm madu dan 5 sdm air hangat.
  • Tim selama 30 menit.

Dosis:

  • Usia 6 bulan – 1 tahun : 2 x ½ sdt
  • Usia 1 – 3 tahun : 2 x 1 sdt
  • Usia 4 – 5 tahun : 2 x 1 ½ sdt
  1. Kentang

Kentang dapat mengobati bisul. Caranya, parut kentang dan peras. Ambil air perasan kentang dan parutan kentang pada bisul 3 – 4 kali sehari. Air perasan ketang juga dapat digunakan untuk mengurangi dan mengobati gatal karena biang keringat.

  1. Minyak Zaitun

Menghilangkan kerak kepala bayi

Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengobati kerak kepala atau ketombe pada bayi (cradlde crap). Oleskan pada kerak kepala atau ketombe sebanyak 1 -2 kali dalam sehari.

Mengatasi sembelit

Bayi yang telah mendapat MPASi seringkali mengalami sembelit karena pencernaan mereka masih sensitif sehingga mudah semelit saat mendapat perubahan tekstur makanan. Minyak zaitun dapat menjadi stimulan bagi pencernaan. Berikan minyak zaitun secara langsung atau bubuhkan pada makanannya. Minyak zaiun akan mengatur perut dan membantu meringankan sembelit secara alami.

Mengobati ruam popok

Untuk mengobati ruam popok, minyak zaitun dapat di oleskan pada bagian kulit yang mengalami ruam. Jagalah kebersihan kulit yang mengalami ruam dan pastikan kulit tidak terlalu lembab.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati luka bakar pada bayi dan anak – anak. Oleskan getah lidah buaya pada bagian kulit yang terbakar.

  1. Daun pepaya

Daun pepaya memiliki banyak khasiat, diantaranya menambah nafsu makan, menyembuhkan penyakit malaria, panas, beri – beri dan kejang perut. Caranya, daun pepaya ditumbuk lalu diperas. Air perasan bisa diminum.

  1. Temulawak

Temulawak berkhasiat untuk menambah nafsu makan sikecil.

Caranya :

  • 50 g temulawak dikupas, iris tipis
  • 50 g kunyit dikupas, iris tipis
  • Kedua bahan direndam dalam madu kapuk sebanyak 500 cc selama 2 minggu
  • Gunakan untuk menambah nafsu makan anak. Berikan 1 sdm dilarutkan dalam 1 gelas air hangat.

  1. Kencur

Selain jeruk nipis, kencur juga dapat menjadi obat batuk. Caranya ambil 5 gram kencur segar, parut, tambahkan 2 sdm air matang, aduk, saring dan tambahkan 1 sdm madumurni. Berikan 2 – 3 kali dalam sehari.

  1. Adas

Untuk meringankan kolik pada bayi atau kesakitan akibat tumbuh gigi, adas dapat digunakan sebagai obat. Caranya: 1 sdm adas dilarutkan dalam 1 cangkir air mendidih. Masak sampai larut. Dosisnya:

  • Usia 6 bulan – 1 tahun: 2 x ½ sdt
  • Usia 1 – 3 tahun: 2 x 1 sdt
  • Usia 4 – 5 tahun: 2 x 1 ½ sdt
  • Sambiloto

Sambiloto mengandung andrografoll lactones (zat pahit) yang dapat menurunkan panas. Riset membuktikan, 6 gram sambiloto per hari sama efektifnya dengan obat jenis paracetamol. Anda bisa mengambil 20 gram daun sambiloto kering, 50 gram kunyit kering, 300 ml air dan 300 ml madu. Cairkan semua bahan hingga tersisa setengah gelas rebusan. Saring. Tambahkan madu 300 ml. Berikan pada anak 3 kali sehari.



1 Comment on Sikecil Mendadak Sakit? Siapkan Obat Herbal Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*