informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Tips Melatih Tidur Anak Saat Disapih

melatih tidur
melatih tidur

Ketika disapih, bayi mengalami banyak perubahan, termasuk pola tidur. Mama perlu melatih tidur anak sejak dini agar ia tidak rewel. Bayi yang baru menjalani proses penyapihan cenderung rewel dan suka mengamuk. Hal itu dapat terjadi bila menyapih dengan cara dipaksa dan tidak sesuai dengan keinginan bayi (baca juga: tips menyapih anak dengan cinta). Maka ketika tidak sesuai dengan keinginan bayi, ia akan seringkali rewel dan terbangun disela-sela tidurnya.

Apabila anda terbiasa menidurkan bayi dengan menyusu, maka saat disapih hal itu tidak bisa dilakukan. Banyak orang tua kesulitan ketika melatih tidur bayi dalam masa transisi ini. Ooleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui orang tua ketika melatih bayi tidur saat disapih. Berikut beberapa hal yang bisa anda coba untuk melatih bayi tidur saat disapih;

  • Hal yang perlu anda ingat, bayi tidak bisa serta merta disapih. Perlu mengurangi intensitas menyusui sedikit demi sedikit. Demikian pula dengan tidur. Ketika ia terbiasa menyusu untuk tidur, ia tidak bisa serta merta lepas dari ASI untuk tidur. Oleh karena itu, sebelum ia benar-benar disapih, latih sikecil untu tidur tanpa menyusu. Caranya, anda bisa menyusui sikecil ketika hendak tidur, lepaskan susuannya ketika ia sudah benar-benar mengantuk. Kemudian tepuk-tepuk pantatnya hingga ia tertidur.
  • Pastikan anda telah mengatur waktu tidur sikecil. Bila ia terbiasa tidur pukul 20.00 WIB, ketika telah tiba waktunya ajak ia untuk tidur.
  • Sebelum tidur, pastikan bahwa sikecil dalam keadaan kenyang. Anda bisa memberinya makan malam atau segelas susu agar ia tidak terbangun karena lapar.
  • Bila sikecil menyukai dongeng, ini akan sangat membantu. Anda bisa membacakan dongeng untuknya hingga ia tertidur. (baca juga: manfaat dongeng bagi pertumbuhan anak)
  • Bila sikecil terbangun karena haus, berikan air putih padanya. Ketika sudah tidak haus, biasanya ia akan tertidur kembali. Anda bisa menepuk-nepuk pantatnya lagi akar ia tertidur kembali.
  • Melatih tidur bayi juga memerlukan kerjasama ayah. Bila saat bayi rewel karena ingin menyusu pada ibu, ayah bisa menambil peran dengan membacakan dongeng. Pengalihan perhatianini cukup efektif. Selain sikecil lupa untuk menyusu pada ibu, ia juga bisa terlelap.

Satu hal yang juga tak kalah penting untuk di ingat, dalam melatih bayi tidur jangan pernah memaksanya. Ciptakan suasana yang nyaman untuk sikecil agar ia menikmati acara tidurnya. Semoga bermanfaat J

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*