Info Pendidikan Indonesia>

Tips Mendidik Anak Dapat Menghargai Kesederhanaan



Kesederhanaan mengajari kita banyak hal, mendekatkan pada Tuhan dan lebih menghargai hidup. Seringkali perilaku konsumtif hanya berujung pada kehampaan. Untuk dapat berlku sederhana  di era yang sedemikan glamour mungkin sulit. Namun, jika rajin dan tekun mengusahakan, tentulah hasilnya akan membanggakan, hidup menjadi penuh makna. Beberapa strategi yang dapat diajarkan pada anak untuk menghargai kesederhanaan antara lain;

  • Sesering mungkin utamakan produk sendiri yang dikerjakan bersama. Hal ini juga dapat semakin mempererat hubungan keluarga. Jadikan percakappan tersebut menjadi acara penting dalam keluarga. Berusaha untuk senang saling mendengarkan. Untuk ini, orang tua harus bisa menjadi pencerita yang baik sehingga anak-anak dapat mengikuti jejaknya.
  • Tolonglah anak agar tumbuh disertai kemampuan mengendalikan dan memerintah diri sendiri. Contoh, praktikan daam mengelola uang, ajarkan prisnip kesederhanaan.
  • Bantu mereka untuk mengenal orang miskin dan kekurangan. Demi menyumbangkan sesuatu yang kita miliki. Lakukan hal-hal yang sederhana agar dapat bersahabat dengan para yatim dan dhuafa.
  • Lawanlah pengaruh iklan baik dari televisi maupun media lainnya.
  • Bicarakan anggaran belanja dengan menetapkan batas yang tidak boleh dilanggar. Belajarlah untuk membeli apa yang dibutuhkan bukan diinginkan.

Agar sifat mau menghargai kesederhanaan dapat dimulai dengan dibina melalui aspek batiniah;

  • Upayakan secara teratur memiliki kebiasaan merenung dan memikirkan kembli berbagai hal. Dorong anak-anak untuk membaca buku penting sehingga meningkatkan pemahaman akan dirinya dan dunia dimana dia berada. Kadang, bacakan sesuatu bagi mereka dan diskusikan. Penjelasan mengenai eksistensi sangat penting utnuk merumuskan siapa kita sebenarnya dan untuk apa kita ada.
  • Kepuasan hati adalah dasar dari kesederhanaan. Anak-anak secara naluriah sebenarnya menyukai hal sederhana. Nikmati kesenangan sederhana bersama mereka, seperti matahari terbit, cerita bagus, gelak tawa, percakapan hangat dan seterusnya.
  • Dengan kata-kata jujur dan sederhana, anjurkan agar keluarga hidup sederhana. Jika berjanji untuk menonton, belaanja sesuatu, tepati janji ini. Karena jika tidak menepati janji sama artinya tidak jujur.
  • Hiduplah dengan tepat waktu. Karena akan menghindarkan kita dari kekecewaan. Usahakan tiba dengan santai dan siap untuk peristiwa sehingga bukan dalam keadaan terburu-buru dan tegang.
  • Upayakan menyatakan sesuatu dengan tepat seperti yang dikehendaki. Jangan hiperbola dan melebih-lebihkan.
  • Bicarakan pada mereka bahka kesederhaan membawa kita pada kebebasan, bukan pada perbudakan. Dengan sederhana, hidup ini kaya, kita lebih menghargai manusia daripada benda. Pusatkan percakapan pada keindahan, peersahabatan dan kesenangan terhadap kesederhanaan.



Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*