informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Tips Mendidik Anak dengan Pekerjaan Rumah Tangga

berbagi pekerjaan rumah tangga
berbagi pekerjaan rumah tangga

Mendidik anak merupakan pekerjaan orang tua yang paling menentukan masa depan anak. Apa yang orang tua ajarkan akan membentuk watak anak dalam kehidupannya. Memberi anak tugas rumah tangga merupakan salah satu cara mendidik anak.

Tugas-tugas harian kini merupakan sarana pembinaan yang hamir jarang ditemukan. Kita cenderung mencari pekerjaan yang hemat tenaga dan santai. Padahal ini adalah cara mengajarkan tanggungjawab pada anak.

Ada beberapa manfaat pendidikan yang bisa diperoleh sambil mengajarkan ketrampilan pekerjaan rumah tangga. Seperti belajar berhitung sembari mencuci piring, memilih dan mencari pasangan sendok garpu meningkatkan kemampuan anak mencocokkan benda-benda. Mengatur piring dimeja makan, mengajarkan kanan kiri kepada mereka.

Untuk membagikan tugas pekerjaan rumah tangga pada mereka, milikilah kesepakatan dasar. Rumuskan bagaimana membagi pekerjaan yang layak untuk laki-laki dan perempuan. Rencana dan pelaksanaanya disepakati bersama. Sadarai bahwa walaupun mulanya anak tidak dapat mengerjakan tugasnya, sasaran utamanya adalah agar mereka .dan semakin baik dalam proses ini. Siasat apapun yang diupayakan tidak akan berhasil jika tidak ada komunikasi yang teratur dan mantap diantara anggota keluarga.

Beberapa prinsip dasar yang dapat diikuti untuk mendidik anak melalui jalan mengerjakan tugas-tugas rumah tangga:

  • Mulai sejak dini. Untuk melaksanakan tugas-tugas sederhana mungkin ia membutuhkan waktu tiga kali lipat, tapi ia akan sangat senang dan bangga bila mampu menyelesaikan pekerjaan orang dewasa.
  • Tugas-tugas yang kurang disenangi harus dibagi dan digilir secara merata pada seluruh anggota keluarga.
  • Jangan memadamkan semangat anak yang ingin melakukan sesuatu dengan sukarela.
  • Sesekali bantulah anak melakukan tugasnya. Sikap rela melayani akan menjadi teladan. Mengerjakan bersama-sama jadi ada kesempatan wajar untuk bercakap-cakap bersama.
  • Berilah dorongan dengan jalan memujinya sehingga dia menjaga dan meningkatkan pelaksanaan tugas-tugas. Anda bisa menggunakan kebijaksaan “jika-maka”
  • Manfaatkan pekerjaan melaksanakan tugas rumah tangga untuk membina rasa kekeluargaan. Kenalkan slogan dalam keluarga kami, semua anggota mempunyai hak dan kewajiban.
  • Tulis dan tempelkan piket pembagian tugas dan berbagai pekerjaan yang sudah berhasil dilaksanakan.
  • Terangkan secara rinci dan tertulis setiap tugas. Ungkapkan dengan jelas standar bagaimana pekerjaan itu diselesaikan dengan tuntas. Berikan insentif jika perlu agar mereka terpacu.
  • Kenali perkerjaan rumah tangga yang bisa dilakukan sikecil berdasarkan usianya.

Nah, untuk mengenali pekerjaan rumah tangga yang bisa dilakukan sikecil berdasarkan usianya, kami sajikan gambarannya.

Aneka Pekerjaan Rumah Sesuai Usia Anak

  1. Pekerjaan Rumah Tangga untuk Anak Usia 2-3 Tahun

Pekerjaan Rumah Tangga untuk Anak Usia 2-3 Tahun

2. Pekerjaan Rumah Tangga untuk Anak Usia 4-5 Tahun

Pekerjaan Rumah Tangga untuk Anak Usia 4-5 Tahun

3. Pekerjaan Rumah Tangga untuk Anak Usia 6-8 Tahun

Pekerjaan Rumah Tangga untuk Anak Usia 6-8 Tahun

4. Pekerjaan Rumah Tangga untuk Anak Usia 6-8 Tahun

Pekerjaan Rumah Tangga untuk Anak Usia 9-11 Tahun

 

5. Pekerjaan Rumah Tangga untuk Anak Usia 12-14 Tahun

Pekerjaan Rumah Tangga untuk Anak Usia 12-14 Tahun

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*