informasi ibu dan anak, parenting, keluarga, bayi, kehamilan>

Tips Sehat dengan Kebiasaan Tertawa

tertawa
tertawa - dream.co.id

Rasa humor merupakan sesuatu yang sangat penting. Berbagai penelitian membuktiikan bahwa tertawa punya banyak kelebihan. Aktivitas ini merangsang peredaran darah, menstabilkan tekanan darah, melancarkan pencernaan, memijat organ-organ penting dan meningkatkan pasokan oksigen kedalam darah. Tertawa dapat mengurangi rasa nyeri kronis. Keunggulan tertawa dapat menjadi salah satu obat spiritualitas, meningkatkan kesenangan dan semangat hidup.

Ada beberapa cara membangun dan meningkatkan rasa humor yang sehat dalam keluarga, antara lain;

  • Perhatikan saat-saat lucu yang spontan terjadi. Temukan ungkapan-ungkapan standar yyang dapat dipakai berulang-ulang untuk meredakan ketegangan. Serta melampiaskan keinginan tertawa yang tertahan.
  • Pada saat-saat membosankan atau saat semua letih, tertawalah bersama-sama sejenak. Cari ataupun googling beberapa cerita lucu dan bacakan dengan nyaring.
  • Bedaan antara tertaa yang sehat dengan yang menyindir dan menghinakan. Ada tawa yang menyembuhkan tetapi ada juga tertawa yang dapat melukai hati.
  • Perhatikan iklan-iklan lucu atau komentar-komentar lucu yang ada disepanjang jalan saat pergi sekeluarga. Ceritakan kembali dan bumbui detailnya. Berceritaa dengan caa ini bahkan juga mempertajam kemampuan kita utnuk mengamati hal-hal kecil disekitar kita.
  • Kumpulkan kartun jenaka, tempelkan ditempat yng mudah terlihat atau ceritakan pada anggota keluarga lain.
  • Tertawakan kesalahan diri sendiri sebagai bentuk teladan. Tidak mudah tersinggung dan relax menghadapi segala sesuatu. Dengan tertawa, kita bisa melihat perspektif baru sehingga situasi mmengerikan dan masaah berat menjadi tidak sedemikian tragis dan akhirnya malah menemukan solusi.
  • Terhadap anak yang masih kecil, gelitiklah dan ajak banyak tertawa. Jika sedang menegakkan kedisiplinan, ucapkan dengan tegas, kemudian segera ikuti dengan senyuman. Teguran dan koreksi yang dinyatakan dengan humor memiliki dampak yang menakjubkan pada balita.
  • Lontarkan lelucon teka-teki sehat untuk menyemarkkan tugas-tugas rumah yang membosankan. Gunakan waktu mengerjakan pekerjaan rutin rumah yang membosankan untuk salling bercerita lelucon.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan melalui tombol di atas. Jangan lupa bookmark untuk memudahkan berkunjung kembali. Jangan enggan untuk berkomentar agar bisa saling belajar. Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Google+


Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*